infeksi pada kulit yang menyebabkan bengkak (celulitis)

                      DIAGNOSA DAN PENGOBATAN CELULITIS

Istilah "selulitis" biasanya digunakan untuk menunjukkan suatu peradangan non-nekrotik pada lapisan dermis dan hypodermis kulit, terkait dengan infeksi akut yang tidak melibatkan fasia atau otot, dan yang dicirikan oleh nyeri lokal,  bengkak, nyeri, eritema, dan suhu lebih tinggi pada bagian yang terinfeksi.

Pada orang dewasa dengan immunocompetent, selulitis biasanya disebabkan oleh Staphylococcus pyogenes dan pada anak-anak, yang paling umum menyebabkan selulitis adalah S.aureus.
Diagnosis ditegakkan hanya dari pemeriksaan fisik, riwayat penyakit (anamnesa), dan pemeriksaan penunjang. Pemeriksaan penunjang yang dapat membantu menegakkan diagnosis selullitis antara lain adalah: pemeriksaan laboratorium (darah), biakkan kuman, punksi cairan dan kemudian dilakukan bilasan gram, kultur darah, biopsy kulit pada pasien-pasien immunocompremised.

Diagnosis banding sellulitis antara lain: erysipelas, impetigo, gigitan binatang, angioedema yang didapat, trombopheblitis. Pada kasus selulitis ringan dapat diobati sebagai pasien rawat jalan dengan pemberian Ceftriaxone dosis tunggal. Untuk pasien dengan immunocompetent dapat diberikan obat oral  dengan efek melawan staphylococcus dan streptokokus (misalnya, dicloxacillin atau flukloksasilin, cephalexin, cefuroxime axetil, eritromisin, klindamisin, cotrimoxazole, amoxicillin / clavulanate). Meninggikan kaki dengan selulitis dapat mengurangi pembengkakan. Kompres sterile dengan cairan saline dingin dapat digunakan untuk membersikan eksresi yang purulen pada lesi terbuka.
Prognosis pasien dengan selulitis pada umumnya sangat baik apabila diberikan pengobatan antibiotik yang adekuat.
Gambar celulitis pada jari kaki


UNTUK LEBIH JELAS MENGENAI PENYEBAB DAN GEJALA KLINIS, SERTA BAGAIMANA PENYAKIT INI SAMPAI BISA TERJADI, DAPAT DI BACA DI ,...SINI



DIAGNOSIS CELULITIS
Diagnosa selulitis, Biasanya diagnosis ditegakkan hanya dari anamnesa, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang.

  • PEMERIKSAAN PENUNJANG
    • Pemeriksaan darah, terdapat leukositosis. Laju endap darah dan kadar C-reactive protein juga meningkat, terutama pada pasien dengan penyakit berat yang membutuhkan rawat inap jangka panjang.
    • Pungsi cairan pada bagian yang terinfeksi di biakkan dan dipulas dengan pulasan gram.
    • Kultur darah positif (hanya pada beberapa pasien)
    • Jika infeksi berulang dari selulitis diduga sebagai infeksi sekunder dari tinea pedis, disarankan untuk melakukan tes atau kultur mikologis.
    • Biopsi kulit tidak disarankan untuk dikerjakan, kecuali pada pasien dengan dugaan etiologi infeksi non bakteri, atau pada pasien dengan Immunocompromised.



    DIAGNOSIS BANDING
    Penyakit selulitis, merupakan suatu penyakit yang sering kita jumpai dala kehidupan kita sehari- hari, namun ada kalanya kita sulit untuk mendiagnosis ataupun salah mendiagnosis penyakit tersebut. Berikut merupakan beberapa penyakit yang mirip dengan celulitis :
    • Angioedema
      • gambar angioderma pada bibir
      • Angioedema paling sering dikaitkan dengan penyakit B-sel lymphoproliferative. Hingga saat ini, hanya ada 2 laporan dari T-sel limfoma yang berhubungan dengan angioedema. Mengenai angioedema, gejala biasanya terjadi pada 3 bagian tubuh : subkutan jaringan (misalnya, wajah, tangan, lengan, kaki  alat kelamin, pantat); organ-organ abdomen (misalnya, perut, usus, kandung kemih), yang dapat bermanifestasi sebagai mual, muntah,  dan / atau nyeri kolik yang seperti keadaan darurat bedah; dan saluran pernafasan bagian atas (misalnya, laring), yang mungkin mengakibatkan laringeus edema.
    • Erysipelas 
      • Erisipelas merupakan infeksi bakteri pada kulit superfisial yang ciri khasnya meluas ke kutaneus limfatik. Awalnya infeksi terjadi  pada wajah dan disebabkan oleh Streptococcus pyogenes.
      • gambar erypleas
      • Erisipelas pada umumnya diawali dengan gejala-gejala prodormal, yaitu panas,menggigil, sakit kepala, nyeri sendi, muntah dan rasa lemah. Pada kulit nampak kemerahan, berbatas tegas dengan bagian tepi meninggi, nyeri dan teraba panas pada area tersebut. Di permukaan kulit adakalanya dijumpai gelembung kulit (bula) yang berisi cairan kekuningan(seropurulen). Pada keadaan yang berat, kulit nampak melepuh dan kadang timbul erosi (kulit mengelupas). Biasanya menyerang wajah, ekstremitas atas atau bawah, badan dan genitalia.Kelenjar getah bening di sekitar daerah yang terinfeksi, sering membesar dan terasa nyeri.

    tabel perbedaan eripelas dengan celulitis
    • Erysipeloid
      • Erysipeloid adalah infeksi bakteri akut pada trauma kulit dan organ lain. Erysipeloid disebabkan oleh microorganisme Erysipelothrix rhusiopathiae (insidiosa), yang telah lama dikenal sebagai penyebab infeksi pada hewan dan manusia. Kontak langsung antara daging hewan yang terinfeksi dengan Erysipelothix rhusiopathiae dengan kulit manusia  yang terluka atau memiliki trauma akan menghasilkan infeksi erysipeloid
      • Erysipeloid adalah penyakit akibat kerja. Manusia memperoleh erysipeloid setelah kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi. lebih sering terjadi pada petani, tukang daging, koki, ibu rumah tangga, dan pemancing. Infeksi ini lebih mungkin terjadi selama musim panas atau awal musim gugur.
      • Pada manusia ada 3 gejala klinis yaitu :
          • Kutan Localized bentuk (juga dikenal sebagai erysipeloid dari Rosenbach)
          • bentuk diffuse pada kulit ( tidak berbatas tegas)
          • Infeksi umum atau sistemik yang dibuktikan dengan bakteremia: Endokarditis mungkin atau mungkin tidak berkembang.
    erysipeloid
    • Impetigo
      • Agen patogen utama yang bertanggung jawab atas perkembangan impetigo dari dekade ke dekade adalah  Staphylococci. Staphylococci adalah agen penyebab impetigo non-bullosa sampai pertengahan 1960-an. Selanjutnya, kelompok A Streptokokus Beta Hemolitik (GABHS) menjadi agen penyebab yang lebih dominan. Sejak awal 1980-an, yang lebih dominan adalah patogen S.aureus. Etiologi impetigo bullosa hampir selalu S.aureus.
    • Myasis
      • Myiasis adalah manifestasi kutu pada kulit manusia dengan mengembangkan larva (belatung) dari berbagai spesies lalat (myia adalah bahasa Yunani untuk lalat) dalam urutan Artropoda Diptera.  Seluruh dunia, yang paling umum yang menyebabkan infeksi kulit pada manusia adalah Dermatobia hominis (Botfly manusia) and Cordylobia anthropophaga (Botfly Tumbu).
      • Dalam kutaneus myiasis, 2 jenis manifestasi klinis utama adalah luka myiasis dan furuncular (folikel) myiasis. Dalam nasofaringeal myiasis, yang terinfeksi antara lain hidung, sinus, dan pharynx. Ophthalmomyiasis mempengaruhi mata, orbit, dan jaringan periorbital. Infeksi myiasis pada usus dan urogenital melibatkan saluran cerna atau urogenital system.
    • Fascitis nektrotikans.
      • Fascitis nekrotikans (FN) adalah infeksi jaringan lunak, yang sering tidak terasa atau tidak terlihat,  yang ditandai oleh nekrosis fasia luas. Sejumlah bakteri yang di isolasi atau yang dapat menyebabkan infeksi polymicrobial Fascitis nekrotikans. Organisme yang paling berhubungan dengan fasiitis nekrotikans adalah Streptokokus Beta hemolitik grup A, walaupun penyakit ini juga dapat disebabkan oleh bakteri lainnya yang berbeda serotipe dengan Streptococcus. Streptokokus hemolitikus adalah organisme penyebab tunggal penyakit ini.
    • Nokardiasis
      • Nokardiosis adalah infeksi yang disebabkan oleh beberapa jenis  bakteri yang terikat di tanah yang bersifat aerobik yang termasuk ke dalam genus Nocardia. Serupa dengan organisme anaerob dari genus Actinomyces, spesies Nocardia sering bentuk filamen tipis yang dapat menyerupai tapi jauh lebih tipis dibandingkan kategori organisme jamur sejati (1-2 μm vs diameter 3-5 μm)
    • Pyoderma Gangrenosum
      • Pioderma gangrenosum (PG) adalah suatu kondisi kulit ulserativa yang jarang terjadi, dimana dengan etiologi yang tidak pasti. Pioderma gangrenosum pertama kali dijelaskan pada tahun 1930. Hal ini terkait dengan penyakit sistemik sekurang-kurangnya 50% dari pasien yang terinfeksi. Diagnosis dibuat dengan mengeksklusi penyebab serupa lainnya yang tampak seperto ulcerasi pada kulit, termasuk infeksi, vaskulitis keganasan, penyakit pembuluh darah kolagen, diabetes, dan trauma. Ulcerasi dari pioderma gangrenosum dapat terjadi setelah trauma atau cedera pada kulit dalam 30% pasien; proses ini disebut pathergy. 
      • 2 varian utama pioderma gangrenosum adalah bentuk ulseratif klasik, biasanya diamati pada kaki, dan varian yang lebih dangkal yang dikenal sebagai pioderma atipikal gangrenosum yang cenderung terjadi di tangan. Pasien dengan pioderma gangrenosum mungkin memiliki kompilikasi dengan sistem organ lain yang bermanifestasi sebagai neutrophilic abses steril. Kultur-negatif infiltrat paru adalah varian yang paling umum pada manifestasi extracutaneous. Sistem organ lain yang mungkin terlibat termasuk jantung, sistem saraf pusat, saluran cerna, mata, 2,3 hati, limpa, tulang, dan kelenjar getah bening. Prognosis pioderma gangrenosum umumnya baik, namun rekuren dapat terjadi dan biasanya ada residu bekas luka. Terapi pioderma gangrenosum melibatkan penggunaan agen anti-inflamasi, seperti kortikosteroid, dan agen imunosupresif.
    • Sclerodema
      • Scleredema adalah kondisi yang jarang diketahui etiologinya. Scleredema dicirikan oleh indurasi non-pitting dari kulit dengan  sesekali muncul eritema. Scleredema dapat berhubungan dengan  didahului penyakit demam, diabetes mellitus.
      • Meskipun dianggap sebagai penyakit kulit yang ringan dan tidak menular, Scleredema persisten dan dapat menginfeksi jaringan organ dalam (visera). Hal itu walaupun jarang terjadi, namun dapat mengakibatkan kematian.
    • Trombophlebitis
      • Banyak kondisi kesehatan yang dapat membuat pasien untuk menderita thrombophlebitis melalui berbagai sindrom hypercoagulopathy. Trauma juga merupakan salah satu faktor predisposisi reaksi thrombophlebitis. Pada umumnya, vena yang perforasi dapat terjadi jika pembuluh darah di daerah skleroterapi tidak didiagnosis dan diobati



    PENGOBATAN CELULITIS

    Meninggikan kaki Pada selulitis dapat mengurangi pembengkakan. Kompres steril dengan cairan saline dingin dapat digunakan untuk membersikan eksresi yang purulen pada lesi terbuka.
    Biasanya, selulitis yang diduga disebabkan oleh staphylococcus atau infeksi streptokokus diobati dengan antibiotik (misalnya, nafcillin, cefazolin). Alternatif lain pada pasien dengan alergi dapat menggunakan klindamisin atau vankomisin. Ceftriaxone dapat digunakan pada pasien rawat jalan karena dapat diberikan sekali sehari.

    Obat dengan spektrum yang lebih luas direkomendasikan dalam penanganan pasien tertentu, seperti pada pasien diabetes. Terapi antibiotik yang lebih spesifik dapat diberikan pada pasien yang mengembangkan selulitis dalam pengaturan khusus (misalnya, setelah menggigit manusia atau hewan, paparan berpotensi terkontaminasi air tawar atau air laut), Pengobatan selulitis yang disebabkan oleh organisme biasa, seperti Vibrio spesies atau gram-negatif, pengobatan harus disesuaikan dengan organisme bersangkutan. Secara umum, organisme ini memerlukan perawatan dengan obat-obatan selain dari yang dibahas di atas. Sebagai contoh, selulitis akibat infeksi Vibrio dapat diobati dengan tetrasiklin, kloramfenikol, atau aminoglycosides.

    Cornu selulitis dan infeksi jaringan lunak akibat MRSA diperoleh masyarakat mewakili sebuah masalah yang muncul di antara pasien yang tidak memiliki factor resiko.
    • Dalam kasus tersebut, manajemen dengan standar antibiotik gram positif mungkin tidak efektif, juga karena seiring multiresistance antibiotik lainnya banyak digunakan dalam terapi empiris umum, termasuk eritromisin, dapat terjadi. Strain bakteri biasanya rentan terhadap gentamisin, tetrasiklin, rifampisin, trimetoprim / sulfametoksazol, dan vancomycin. Klindamisin dapat digunakan di daerah-daerah di mana terjadi resistensi yang tidak lazim. Daptomycin mungkin juga mewakili sebuah alternatif hemat biaya untuk pengobatan kulit akibat infeksi.
    • Studi multinasional telah menunjukkan kemanjuran terapi dan linezolid keunggulan untuk vankomisin dalam pengelolaan kulit dan infeksi jaringan lunak, termasuk selulitis, karena MRSA. Namun, budaya bakteri masih dianggap penting dalam rangka untuk menentukan kerentanan antibiotik mengisolasi bakteri dan untuk menyesuaikan terapi antimikroba sistemik menurut data sensitivitas.
    • Jika mycologic penyelidikan dilakukan untuk menyingkirkan tinea pedis sebagai kemungkinan penyebab selulitis episode berulang, maka dilakukan dengan cara  mendeteksi keberadaan infeksi jamur di telapak kaki atau kaki, pengobatan dengan topikal Anti jamur dianjurkan. Apabila menjadi kronis atau jika terjadi onychomycosis yang dapat menjadi sumber infeksi berulang, maka anti jamur oral seperti itraconazole atau terbinafine dapat dipertimbangkan.
    Antibiotik
    Antimikroba sistemik merupakan terapi utama untuk selulitis. Antibiotik oral dapat digunakan untuk selulitis ringan atau bentuk selulitis local, sedangkan infus antibiotik diindikasikan untuk kasus-kasus yang lebih berat dan bagi pasien yang immunocompromised.
    • Dicloxacillin (Dycill, Dynapen)
      • Mengikat ke satu atau lebih protein pengikat penisilin, yang, pada gilirannya, menghambat sintesis dinding sel bakteri. Untuk pengobatan infeksi yang disebabkan oleh produksi penicillinase staphylococci. Dapat digunakan untuk memulai terapi ketika infeksi stafilococal dicurigai.
    • Cephalexin (Keflex, Biocef)
      • Cephalosporin generasi pertama penangkapan pertumbuhan bakteri dengan menghambat sintesis dinding sel bakteri. Aktivitas bakterisida terhadap organisme yang tumbuh pesat. Kegiatan utama terhadap flora kulit; digunakan untuk infeksi kulit atau profilaksis dalam prosedur minor.
    • Cefuroxime (ceftin, Kefurox)
      • Generasi kedua cephalosporin antibiotik yang menghambat sintesis dinding sel dan bersifat bakterisida.


    PENCEGAHAN SELULITIS

    • Penggunaan stoking dapat membantu dalam selulitis dari ekstremitas bawah.
    • Luka dan erosi di kulit harus dicuci dan dijaga kebersihannya sementara penyembuhan.
    • Pasien dengan selulitis streptococcus berulang dapat dibantu dengan penisilin G (250 mg) atau eritromisin (250 mg).
    • Jika episode berulang selulitis diduga sekunder untuk tinea pedis  obati dengan antijamur topikal atau sistemik.
    • Vaksin pneumokokus dapat mencegah selulitis karena organisme seperti pada anak-anak.Sebuah studi mencatat bahwa 96% dari serotipe yang menyebabkan selulitis di wajah disertakan dalam heptavalent-conjugated vaksin pneumokokus baru-baru ini dilisensikan di Amerika Serikat.
    Edukasi Pasien
    Mendidik pasien mengenai kebersihan kulit yang tepat untuk mencegah selulitis. Setiap ada luka terbuka hendaknya pasien diajarkan untuk :

    • Cuci luka tersebut setiap hari dengan air dan sabun. Lakukan hal ini saat mandi.
    • Oleskan krim atau salep antibiotik.
    • Tutupi luka dengan perban. Hal ini dapat menjaga kebersihan luka dan mencegah masuknya bakteri.
    • Ganti perban secara teratur. Ganti perban sekurang-kurangnya sehari sekali, atau ganti bila perban sudah kotor atau basah.
    • Waspada terhadap adanya infeksi awal selulitis. Bila terdapat nyeri, bengkak dan kemerahan, segera periksakan diri ke dokter.


    KOMPLIKASI
              Supurasi lokal dengan pembentukan abses dan kulit nekrosis (gangren selulitis) mungkin kadang-kadang dapat diamati. Myonecrosis, nekrotikans, carpal tunnel syndrome akut (dalam ekstremitas atas selulitis), dan osteomielitis dapat terjadi. 16 Thrombophlebitis dapat terjadi, terutama di ekstremitas bawah.5 Bakteremia dapat menyulitkan selulitis. Bakteri dan racun-efek terkait dapat mengakibatkan shock dan kegagalan organ multisystem.4 Berulangnya selulitis dapat menyebabkan selulitis lymphedema.Hasil akhirnya adalah fibrosis hipertrofik permanen yang diberi istilah nostras kaki gajah.



    PROGNOSIS
    Prognosis pasien dengan selulitis pada umumnya sangat baik. Terapi antibiotik yang tepat biasanya memberikan hasil penyembuhan total.




    BACA JUGA PENYEBAB DAN PERJALANAN PENYAKIT CELULITIS... DI SINI..

    SLIMING CAPSUL
    Suplement pelangsing terbaik. Lulus Standard GMP (Good Manufacturing Practice) dan uji tes SGS. Pesan sekarang Juga!!!
    sikkahoder.blogspot
    ABE CELL
    (Jamu Tetes)Mengatasi diabetes, hypertensi, kanker payudara, mengurangi resiko stroke, meningkatkan fungsi otak, dll.
    sikkahoder.blogspot
    MASKER JERAWAT
    Theraskin Acne Mask (Masker bentuk pasta untuk kulit berjerawat). Untuk membantu mengeringkan jerawat.
    sikkahoder.blogspot
    ADHA EKONOMIS
    Melindungi kulit terhadap efek buruk sinar matahari, menjadikan kulit tampak lenih cerah dan menyamarkan noda hitam di wajah.
    sikkahoder.blogspot
    BIO GLOKUL
    Khusus dari tanaman obat pilihan untuk penderita kencing manis (Diabetes) sehingga dapat membantu menstabilkan gula darah
    sikkahoder.blogspot


    ADVERTISE HERE Ads by Sikkahoder
    Body Whitening
    Mengandung vit C+E, AHA, Pelembab, SPF 30, Fragrance, n Solk Protein yang memutihkan kulit secara bertahap dan PERMANEN!!
    Sikkahoder.blogspot
    PENYEDOT KOMEDO
    Dengan alat ini, tidak perlu lg memencet hidung, atau bagian wajah lainnya untuk mengeluarkan komedo.
    Sikkahoder.blogspot
    Obat Keputihan
    Crystal-X adalah produk dari bahan-bahan alami yang mengandung Sulfur, Antiseptik, Minyak Vinieill. Membersihkan alat reproduksi wanita hingga kedalam.
    Sikkahoder.blogspot
    DAWASIR
    Obat herbal yang diramu khusus bagi penderita Wasir (Ambeien), juga bermanfaat untuk melancarkan buang air besar dan mengurangi peradangan pada pembuluh darah anus
    Sikkahoder.blogspot
    TERMOMETER DIGITAL
    Termometer digital dengan suara Beep. Mudah digunakan, gampang dibaca dengan display LCD dan suara beep ketika selesai mendeteksi suhu.
    Sikkahoder.blogspot


    ADVERTISE HERE Ads by Sikkahoder