cara pengguaan obat semprot hidung (nasalspray)

Video cara pemakaian obat nasalspray




Apa itu obat?
Pengertian Obat
  • Menurut PerMenKes 917/Menkes/Per/x/1993, obat (jadi) adalah sediaan atau paduan-paduan yang siap digunakan untuk mempengaruhi atau menyelidiki secara fisiologi atau keadaan patologi dalam rangka penetapan diagnosa, pencegahan, penyembuhan, pemulihan, peningkatan kesehatan dan kontrasepsi.
  • Menurut Ansel (1985), obat adalah zat yang digunakan untuk diagnosis, mengurangi rasa sakit, serta mengobati atau mencegah penyakit pada manusia atau hewan.
  • Obat dalam arti luas ialah setiap zat kimia yang dapat mempengaruhi proses hidup, maka farmakologi merupakan ilmu yang sangat luas cakupannya. Namun untuk seorang dokter, ilmu ini dibatasi tujuannya yaitu agar dapat menggunakan obat untuk maksud pencegahan, diagnosis, dan pengobatan penyakit. Selain itu, agar mengerti bahwa penggunaan obat dapat mengakibatkan berbagai gejala penyakit. (Bagian Farmakologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia)
  • Obat merupakan sediaan atau paduan bahan-bahan yang siap untuk digunakan untuk mempengaruhi atau menyelidiki sistem fisiologi atau keadaan patologi dalam rangka penetapan diagnosis, pencegahan, penyembuhan, pemulihan, peningkatan, kesehatan dan kontrasepsi (Kebijakan Obat Nasional, Departemen Kesehatan RI, 2005).

obat nasal spray
  • Obat nasal spray merupakan obat semprot yang di pakai melalui inhalasi (hirup), yang biasanya memberikan efek lokal.. Nasal spray yaitu larutan obat dalam air yang digunakan dengan menyemprotkan pada membran mukosa hidung atau tenggorokan dengan menggunakan alat yang disebut nebulizer.
  • Walaupun obat nasal spray tidak mengalami first time metabolisme di hati, tetapi efek biovabilits obat tidaklah 100%. Biovabilitas adalah Jumlah persen obat yang sampai pada target  dalam bentuk utuh.
  • Semprotan hidung(spray) juga mengandung obat sebagai larutan. Pada setiap semprotan satu dosis pada obat tertentu masuk kedalam hidung. Adakalanya spray mengandung obat yang tidak dimaksudkan bekerja setempat di hidung, melainkan di organ lain ditubuh. Agar obat dapat diserap baik kedalam darah, maka dalam hal demikian obat perlu disemprotkan sedalam mungkin kedalam rongga hidung

Cara pemakaiannya
  • Bersihkan tangan terlebih dahulu
  • Hidung dibersihkan dan kepala tetap tegak.
  • Kemudian obat disemprotkan ke dalam lubang hidung sambil menarik napas dengan cepat.
  • Untuk posisi duduk, kepala ditarik dan ditempatkan diantara dua paha
  • Setelah digunakan, botol alat semprot dicuci dengan air hangat tetapi jangan sampai air masuk ke dalam botol kemudian dikeringkan dengan tissue bersih.
  • Berhenti memakai semprot hidung, jika gejala memburuk atau bertahan, tidak terus dosis dengan semprot hidung, tetapi hubungi dokter segera. Gunakan hanya seperti petunjuk.
  • UNTUK LEBIH JELAS, NONTON VIDEO CARA PEMAKAIAN OBAT SEMPROT HIDUNG DIATAS

Cara Pemakaian Tetes hidung
  • Pada umumnya obat terarut dalam air dan digunakan terhadap hidung tersumbat akibat membengkaknya selaput lendir, juga pada nyeri telinga akibat tersumbatnya saluran eustachius. Dalam hal terakhir obat janganlah diteteskan kedalam telinga, melainkan kedalam hidung! Semua tetes hidung mengandung suatu zat pengawet untuk menghindarkan pertumbuhan kuman dan jamur. Obat tetes hidung harus memenuhi persyaratan tertentu(isotonis) agar jangan merusak selaput lendir dan lapisan bulu getarnya.
Cara menggunakan:
  • Terlebih dahulu dibersihkan kedua lubang hidung, lalu kepala dimiringkan kebelakang sejauh mungkin. Melalui pipet, tetesan dimasukkan ke lubang hidung dan obat dihirup dengan hati-hati. Pada anak kecil sebaiknya obat diteteskan samba anak berbaring pada sisinya. Sering kali kepala justru ditengadahkan, tetapi jika posisi ini terlalu lama, maka tetesan langsung mengalir kerongga tenggorok dan kerja obat menjadi kurang baik, serta rasanya tidak enak dimulut. Setelah itu pipet dicuci bersih untuk menghindarkan infeksi dari sisa obat yang terkontaminasi dengan kuman dari hidung. Untuk alasan yang sama, janganlah menggunakan satu botol dengan pipet yang sama untuk 2 atau 3 orang.

SLIMING CAPSUL
Suplement pelangsing terbaik. Lulus Standard GMP (Good Manufacturing Practice) dan uji tes SGS. Pesan sekarang Juga!!!
sikkahoder.blogspot
ABE CELL
(Jamu Tetes)Mengatasi diabetes, hypertensi, kanker payudara, mengurangi resiko stroke, meningkatkan fungsi otak, dll.
sikkahoder.blogspot
MASKER JERAWAT
Theraskin Acne Mask (Masker bentuk pasta untuk kulit berjerawat). Untuk membantu mengeringkan jerawat.
sikkahoder.blogspot
ADHA EKONOMIS
Melindungi kulit terhadap efek buruk sinar matahari, menjadikan kulit tampak lenih cerah dan menyamarkan noda hitam di wajah.
sikkahoder.blogspot
BIO GLOKUL
Khusus dari tanaman obat pilihan untuk penderita kencing manis (Diabetes) sehingga dapat membantu menstabilkan gula darah
sikkahoder.blogspot


ADVERTISE HERE Ads by Sikkahoder
Body Whitening
Mengandung vit C+E, AHA, Pelembab, SPF 30, Fragrance, n Solk Protein yang memutihkan kulit secara bertahap dan PERMANEN!!
Sikkahoder.blogspot
PENYEDOT KOMEDO
Dengan alat ini, tidak perlu lg memencet hidung, atau bagian wajah lainnya untuk mengeluarkan komedo.
Sikkahoder.blogspot
Obat Keputihan
Crystal-X adalah produk dari bahan-bahan alami yang mengandung Sulfur, Antiseptik, Minyak Vinieill. Membersihkan alat reproduksi wanita hingga kedalam.
Sikkahoder.blogspot
DAWASIR
Obat herbal yang diramu khusus bagi penderita Wasir (Ambeien), juga bermanfaat untuk melancarkan buang air besar dan mengurangi peradangan pada pembuluh darah anus
Sikkahoder.blogspot
TERMOMETER DIGITAL
Termometer digital dengan suara Beep. Mudah digunakan, gampang dibaca dengan display LCD dan suara beep ketika selesai mendeteksi suhu.
Sikkahoder.blogspot


ADVERTISE HERE Ads by Sikkahoder