Operasi Modifikasi Young untuk Pengobatan Rhinitis atrofik

Operasi Modifikasi Young Operasi Pengobatan Rhinitis atrofik


  • Rinitis atrofi adalah penyakit hidung kronik yang ditandai dengan atrofi progresif dari mukosa dan tulang konka disertai adanya sekret kental yang cepat mengering dan pembentukan krusta yang berbau busuk. 
  • Penyakit ini lebih sering mengenai wanita terutama pada usia pubertas. Sering ditemukan di negara-negara berkembang dengan tingkat sosial ekonomi yang rendah dan lingkungan yang buruk.
  • Etiologi dan pathogenesis rinitis atrofi sampai sekarang belum dapat diterangkan dengan memuaskan. Penyakit dikelompokkan menjadi 2 bentuk yaitu Rinitis Atrofi Primer dan Rinitis Atrofi Sekunder. 
  • Adapun gejala dari rinitis atrofi ini adalah hidung tersumbat, epistaksis, sakit kepala atau nyeri pada wajah, hiposmia atau anosmia, pasien tidak mencium bau busuk tetapi orang lain dapat merasakannya (merciful anosmia) dan adanya sekret hijau kental serta krusta berwarna kuning kehijauan atau kadang-kadang dapat berwarna hitam. 
  • Pengobatan rinitis atrofi ditujukan untuk menghilangkan faktor penyebab dan gejala. Pengobatan dapat diberikan secara konservatif dan pembedahan.

UNTUK LEBIH JELASNYA DAPAT DIBACA PADA POSTING SAYA TENTANG PENYAKIT RINITIS ATROFI DISINI

Modified Young’s operation
  • Operasi Young adalah operasi yang dirancang untuk pengobatan rinitis atrofik, pertama kali diperkenalkan oleh Austen muda pada tahun 1967. 
  • Prosedur ini adalah penutupan total salah satu rongga hidung dengan flap. Tujuan operasi ini adalah mencegah efek kekeringan, mengurangi krusta dan membuat mukosa dibawahnya tumbuh kembali. 
  • Operasi ini kemudian mengalami modifikasi yang dikenal dengan Modified Young’s operation. Modifikasi tehnik ini dilakukan oleh El Kholy. Prinsipnya yaitu penutupan lubang hidung dengan meninggalkan 3 mm yang terbuka.

Metode: Penjelasan tentang operasi ini, saya unduh dari Penjelasan mengenai operasi modified young's operasi Dapat anda baca disini.
  • Langkah pengobatan rinitis otrofi dengan pembedahan, dapat di tempuh jika pengobatan dengan cara konservatif tidak berhasil, termasuk dengan irigasi dan membersihkan krusta yang terbentuk, terapi sistemik dan lokal dengan endokrin, steroid dan antibiotik; vasodilator; pemakaian iritan jaringan lokal ringan seperti alkohol; dan salep pelumas. 
  • Penekanan terapi utama adalah pembedahan, yaitu usaha-usaha langsung mengecilkan rongga hidung, dan dengan demikian juga memperbaiki suplai darah mukosa hidung. 
  • Sebelum melaksanakan prosedur bedah ini, sebaiknya dilakukan  pemeriksaan menyeluruh dari nares atau lubang hidung pasien  untuk memastikan lubang hidung bebas dari belatung, sebab penyakit ini dapat memberikan keluhan bau yang sangat menyengat sehingga kemungkinan terjadinya miasis nasi yang merupakan komplikasi dari rinitis atrofi. Miasis nasi merupakan komplikasi yang jarang ditemui, terutama pada pasien dengan sosio ekonomi yang rendah dimana bau busuk tersebut menarik lalat dari genus Chrysomia (C. Bezianna vilteneauve). Lalat ini meletakkan telurnya yang kemudian menetas menjadi magot. Puluhan sampai ratusan magot dapat memenuhi rongga hidung dimana mereka makan dari mukosa sampai tulang hidung.
  • Semua pasien juga dites untuk sipilis dan kusta, serta pemeriksaan basil TB untuk mengecualikan penyebab lain dari rinitis atrofi.
Langkah Operatif: 
  • Meskipun kedua rongga hidung biasanya luas dan lapang, Operasi  modifikasi young  yang direncanakan di dalam rongga hidung di mana pasien mengalami gejala kekeringan, krusta dan bau busuk. 
  • Langkah pertama Semua pasien dioperasi diberikan anestesi lokal. Anastesi di lakukan dengan menggunakan obat anastesi. Suntikan obat anastesi ini akan menyusup di daerah vestibular di sisi medial rongga hidung sepanjang septum hidung dan sisi lateral rongga hidung . Injeksi menciptakan edema hidro pada lapisan hidung, sehingga dapat mengurangi perdarahan dan membantu dalam pembedahan karena juga berfungsi mengurangi rasa sakit. 
  • Sayatan bedah bulat  ditempatkan sedikit posterior persimpangan mukokutan. Flaps mukosa batin memerlukan mobilisasi kurang dari flaps kulit luar, yang juga sulit untuk memvisualisasikan selama operasi.
  • Flaps kulit luar diciptakan lateral dan medial menggunakan sepasang gunting melengkung halus. Semua flaps secara bebas dikerahkan untuk mencegah ketegangan setelah jahitan ditempatkan. Ketegangan pada jahitan meningkatkan risiko kerusakan luka dan juga medializes dinding lateral hidung, dengan demikian, mengubah bentuk bagian luar hidung di daerah vestibular. 
  • Lipatan mukosa medial dan lipatan mukosa lateral diciptakan oleh gunting melengkung halus mengambil sangat hati-hati untuk tidak merobeknya sebab biasanya mukosanya sangat tipis pada rinitis atrofi.
gif maker 
  • Bagian anterior septum menjadi terkena sementara mengangkat kulit dan flap mukosa pada sisi medial. Namun, ini tidak menimbulkan masalah pasca operasi kecuali rasa takut dalam pikiran ahli bedah selama operasi. Masing-masing dari flap mukosa dan kulit dijahit secara terpisah bersama-sama menciptakan penutupan berlapis ganda. benang Catgut digunakan sebagai jahitan, yang ditempatkan dengan hati-hati agar tidak merobek flap mukosa dan kulit. Kedua flaps yang berhenti berkembang dan jahitan dengan mudah dapat merobek melalui jaringan, jika ketegangan yang tidak semestinya ditempatkan pada garis jahitan. 
  • Sebuah lubang 3 mm yang tersisa dengan menempatkan dua cm. panjang dan tipis plastik tabung   di Nares tersebut. Hal ini untuk mencegah luka dan Naris dari menutup sepenuhnya. Flaps kulit medial dan lateral dijahit bersama-sama dan tabung plastik dijamin di ruang depan dengan cara jahitan
  • Setelah itu, luka operasi dijahit sepenuhnya di sekitar tabung hidung. Betadine salep diaplikasikan di atas luka bedah setelah penutupan. jika mobilisasi yang memadai flap telah dicapai, tidak akan ada perubahan dalam bentuk ruang depan atau dinding lateral hidung di daerah vestibular. 
Tindak lanjuti:
  • Semua pasien disarankan untuk menerapkan salep Betadine selama satu minggu. Semua pasien diberi suplemen fe, vitamin B kompleks dan tablet suplemen protein untuk meningkatkan gizi mereka. Mereka juga diberikan  antibiotik dan agen anti-inflamasi bersama dengan tablet analgesik. 
  • Mereka diinstruksikan untuk menggunakan kelambu ketat pada malam hari untuk mencegah lalat bertelur di sisi lain dari hidung sebagai pasien anosmic dan ada sensasi kurang dalam rongga hidung. Pasien tersebut adalah sasaran empuk bagi lalat untuk bertelur. Lalat tertarik dengan nasal discharge berbau busuk yang berasal dari hidung pasien rinitis atrofi. Hanya satu pasien laki-laki datang untuk rekanalisasi hidung setelah satu tahun. Para pasien yang tersisa senang dengan saluran udara hidung berkurang.

DAFTAR PUSTAKA
SLIMING CAPSUL
Suplement pelangsing terbaik. Lulus Standard GMP (Good Manufacturing Practice) dan uji tes SGS. Pesan sekarang Juga!!!
sikkahoder.blogspot
ABE CELL
(Jamu Tetes)Mengatasi diabetes, hypertensi, kanker payudara, mengurangi resiko stroke, meningkatkan fungsi otak, dll.
sikkahoder.blogspot
MASKER JERAWAT
Theraskin Acne Mask (Masker bentuk pasta untuk kulit berjerawat). Untuk membantu mengeringkan jerawat.
sikkahoder.blogspot
ADHA EKONOMIS
Melindungi kulit terhadap efek buruk sinar matahari, menjadikan kulit tampak lenih cerah dan menyamarkan noda hitam di wajah.
sikkahoder.blogspot
BIO GLOKUL
Khusus dari tanaman obat pilihan untuk penderita kencing manis (Diabetes) sehingga dapat membantu menstabilkan gula darah
sikkahoder.blogspot


ADVERTISE HERE Ads by Sikkahoder
Body Whitening
Mengandung vit C+E, AHA, Pelembab, SPF 30, Fragrance, n Solk Protein yang memutihkan kulit secara bertahap dan PERMANEN!!
Sikkahoder.blogspot
PENYEDOT KOMEDO
Dengan alat ini, tidak perlu lg memencet hidung, atau bagian wajah lainnya untuk mengeluarkan komedo.
Sikkahoder.blogspot
Obat Keputihan
Crystal-X adalah produk dari bahan-bahan alami yang mengandung Sulfur, Antiseptik, Minyak Vinieill. Membersihkan alat reproduksi wanita hingga kedalam.
Sikkahoder.blogspot
DAWASIR
Obat herbal yang diramu khusus bagi penderita Wasir (Ambeien), juga bermanfaat untuk melancarkan buang air besar dan mengurangi peradangan pada pembuluh darah anus
Sikkahoder.blogspot
TERMOMETER DIGITAL
Termometer digital dengan suara Beep. Mudah digunakan, gampang dibaca dengan display LCD dan suara beep ketika selesai mendeteksi suhu.
Sikkahoder.blogspot


ADVERTISE HERE Ads by Sikkahoder