NYERI SENDI AKIBAT ARTHITIS REUMATOID

ARTRITIS REUMATOID


Pendahuluan
    Artritis reumatoid (AR) adalah sebuah penyakit kronik, yang ditandai dengan inflamasi dari tepi atau sinovial persendian. Dia dapat menjadi kerusakan sendi jangka panjang sehingga menimbulkan nyeri kronik, kehilangan fungsi dan disabilitas.

    Artritis  reumatoid adalah gangguan kronik yang menyerang berbagai sistem organ. Penyakit ini adalah salah satu dari sekelompok penyakit jaringan ikat difus yang diperantarai oleh imunitas dan tidak diketahui penyebabnya .

    Artritis reumatoid merupakan suatu penyakit yang tersebar luas serta melibatkan semua kelompok ras dan etnik didunia. Penyakit ini merupakan suatu penyakit autoimun yang ditandai dengan terdapatnya sinovitis erosif simetrik yang walaupun terutama mengenai jaringan persendian, seringkali juga melibatkan organ tubuh lainnya. Sebagian besar pasien menunjukkan gejala penyakit kronik yang hilang timbul yang jika tidak diobati akanmenyebabkan terjadinya kerusakan persendian dan deformitas sendi yang progresif yang menyebabkan disabilitas bahkan kematian dini.

    AR juga merupakan penyakit sistemik yang berarti dapat mempengaruhi organ lain dalam tubuh. Sehingga diagnosis dini dari penyakit ini sangat penting untuk dapat membuat hidup tetap produktif dan pengobatan AR yang agresif dapat membatasi kerusakan sendi, sehingga mengurangi keterbatasan gerak, penurunan kemampuan dalam bekerja, biaya pengobatan yang tinggi dan operasi.

     Destruksi jaringan sendi terjadi melalui 2 cara:


Pertama adalah destruksi pencernaan oleh produksi protease, kolagenase dan enzim2 hidrolitik lainnya. Enzim ini memecah kartilago, ligamen, tendon dan tulang pada sendi, serta dilepaskan bersama sama dengan radikal oksigen, metabolit asam arakidonat untuk leukosit polimorfonuklear dalam cairan sinovial. Proses ini diduga merupakan bagian dari respon autoimun terhadap antigen yang diproduksi secara lokal.
   
    Manifestasi yang timbul dapat terbagi artikular, ekstraartikular dan konstitusinal yaitu berupa kelemahan umum, cepat lelah.

Perkembangan AR terjadi dalam 3 tahap. Yang pertama adalah pembengakan dari  sinovial yang menyebabkan nyeri, perasaan hangat, kaku, kemerahan dan pembengkakan disekitar sendi. Kedua adalah perkembangan dan pertumbuhan sel yang cepat, atau pannus, yang menyebabkan sinovial menebal. Pada tahap ketiga, sel radang akan mengeluarkan enzim yang memecahkan tulang dan tulang rawan, yang sering mengakibatkan sendi kehilangan bentuk dan postur (alignment), nyeri yang bertambah, dan kesukaran bergerak.

Epidemiologi 1,2
    AR lebih sering menyerang wanita dengan perbandingan antara wanita dan pria sebesar 3 : 1 atau sekitar 70% nya adalah wanita. AR juga dapat menyerang anak-anak, yaitu artritis  reumatoid juvenil. Insidennya meningkat sejalan dengan bertambahnya usia. Insiden puncaknya pada usia 40-60 tahun. Penyakit ini menyerang orang-orang di seluruh dunia dari berbagai suku bangsa.
    AR sering mengalami remisi pada wanita hamil, walaupun gejala akan lebih nyata dan lebih intens setelah bayi lahir.

Etiologi
    Penyebab utamanya masih belum diketahui secara pasti. Tetapi ada beberapa faktor yang menentukan morbiditas penyakit ini, yaitu :

-    Faktor genetik
Telah lama diketahui bahwa artritis reumatuid lebih sering dijumpai pada kembar monozigot dibandingkan kembar dizygot.
Hal ini terbukti dari terdapatnya hubungan antara produk kompleks histokompatibilitas utama kelas II (MHC klas II), khususnya HLA-DR4 dengan AR seropositif. Pengemban HLA-DR4 memiliki resiko 4 : 1 untuk menderita penyakit ini. Petanda ini diturunkan dari orang tua kepada anaknya.
Molekul antigen MHC II dapat dideteksi secara serologis baik dengan cara mencampurkan limfosit pasien dengan antibody humoral terhadap HLA tertentu atau dengan dengan melakukan mix lympocyte culture (MLC).

-    Faktor imun
Faktor reumatoid adalah suatu antibodi terhadap epitop fraksi Fc lgG yang dijumpai pada 70-90% pasien AR.

-    Faktor hormonal/ hormon sex
Adanya kecenderungan wanita untuk menderita AR dan sering dijumpainya remisi pada wanita yang sedang hamil menimbulkan dugaan adanya faktor keseimbangan hormonal sebagai salah satu faktor yang berpengaruh pada penyakit ini.
Prevalensi artritis reumatoid diketahui 3x lebih banyak diderita kaum wanita dari kaum pria. Rasio ini dapat mencapai 5:1 pada wanita dalam usia subur. Akan tetapi, walaupun masih banyak kontroversi dalam hal ini, beberapa observasi menunjukkan bahwa penggunaan kontrasepsi oral/ preparat estrogen  eksternal bagi wanita yang telah mengalami menopouse menimbulkan kesan terjadinya penurunan insiden penyakit ini.

-    Faktor infeksi
Akhir akhir ini virus Epstein Barr (EBV) telah banyak menarik perhatian para ahli. Pada pasien yang mengalami infeksi virus ini, sering kali dijumpai gejala artralgia, walaupun jarang dijumpai gejala artritis yang jelas.
Beberapa klinisi dan peneliti percaya bahwa AR dipicu oleh infeksi. Dugaan ini muncul karena umumnya onset penyakit ini terjadi secara mendadak dan timbul dengan disertai gambaran inflamasi yang mencolok. Agen infeksius yang diduga sebagai penyebab AR antara lain bakteri, mikoplasma atau virus. Meskipun begitu, penyakit ini tidak menular.

-    Faktor HSP (Heat Shock Protein)
Heat shock protein adalah sekelompok protein berukuran sedang (60-90 kDa) yang dibentuk oleh seluruh spesies sebagai respon terhadap stress. Mekanismenya belum diketahui dengan jelas.


Klasifikasi dan Kriteria Diagnosa ARTHITIS REUMATOID

Kriteria  American  Rheumatism Association untuk Artritis Reumatoid, Revisi tahun 1987 Kriteria     Definisi


     



    Untuk keperluan klasifikasi, seseorang dikatakan menderita artritis reumatoid jika ia sekurang-kurangnya memenuhi 1 sampai 4 dari 7 kriteria diatas. Kriteria 1 sampai 4 harus terdapat minimal selama 6 minggu. Pasien dengan dua diagnosis tidak dieksklusikan. Pembagian diagnosis sebagai artritis reumatoid klasik, definit, probable atau possible tidak perlu dibuat.
·         PIP : Proximal interphalangeal, MCP : Metacarpophalangeal, MTP : Metatarsophalangeal.

Manifestasi ARTHITIS REUMATHOID
§  Manifestasi Artrikular 
Manifestasi artikular AR dapat dibagi menjadi 2 kategori :
  1. Gejala inflamasi akibat aktivitas sinovitis yang bersifat reversibel
  2. Gejala akibat kerusakan struktur persendian yang bersifat ireversibel
Manifestasi yang pertama dapat diatasi dengan pengobatan medikamentosa atau pengobatan non surgikal. Sedangkan manifestasi kedua merupakan proses yang tidak dapat diperbaiki lagi dan memerlukan modifikasi mekanik atau pembedahan rekonstruktif.

Gejala klinis yang berhubungan dengan aktivitas sinovitis adalah kaku pagi hari yang pada umumnya berlangsung lebih lama daripada yang dialami pasien osteoartritis yaitu lebih dari 1 jam. Lamanya kaku pagi hari pada AR ini agaknya berhubungan dengan lamanya imobilisasi (saat pasien tidur) serta beratnya inflamasi. Inflamasi akan menyebabkan terjadinya imobilisasi persendian yang jika berlangsung lama akan mengurangi pergerakan sendi baik secara aktif maupun secara pasif. Otot dan tendon yang berdekatan dengan persendian yang mengalami peradangan cenderung untuk mengalami spasme dan pemendekan. Deformitas persendian pada AR dapat juga terjadi akibat beberapa mekanisme yang berhubungan dengan terjadinya sinovitis pada pembentukan pannus. Sinovitis akan menyebabkan kerusakan rawan sendi dan erosi tulang periartrikular sehingga menyebabkan terbentuknya permukaan sendi yang tidak rata.

Persendian yang dipengaruhi oleh AR THITIS REUMATHOID


Manifestasi ekstraartikular yang di sebabkan oleh ARTHIHIS REUMATOID 



§  Manifestasi konstitusional 
Lelah, anoreksia, berat badan menurun, demam, nyeri otot, depresi, tangan dan kaki dingin serta berkeringat dan keterlibatan kelenjar sekitar mata dan mulut menyebabkan penurunan produksi airmata dan saliva (sindrom Sjogren)

Pemeriksaan Laboratorium 

Beberapa hasil uji laboratorium dipakai untuk membantu menegakkan diagnosis AR.
-          Hitung jenis darah
Penderita AR umumnya jumlah sel darah merah rendah (anemia), sel darah putih dapat meninggi yang menandakan infeksi. Jika sel darah putihnya rendah kemungkinan sindrom Felty yang merupakan komplikasi AR karena obat-obatan.
-          LED
Pada AR nilainya dapat tinggi (100 mm/jam atau lebih tinggi lagi) yang mengindikasikan adanya inflamasi.
-          C-Reactive Protein
Protein ini ditemukan di dalam tubuh dan meningkat jika terdapat inflamasi
-          Rheumatoid Factor (RF)
Hampir 70-80% orang dengan RF menderita AR, semakin tinggi jumlahnya, semakin aktif dan berat penyakitnya. Penderita AR digolongkan seronegatif dan seropositif
-          Antinuclear Antibodies (ANA)
Terdapat pada 30-40% penderita AR.

Pemeriksaan Radiologis
Dari Classification of Joint Disease From Radiologic Standpoint , AR termasuk :
-          Penyakit yang ditandai oleh osteoporosis dari tulang sekitar sendi dan penyempitan ruang sendi dengan resorpsi tulang subkondral.
-          Penyakit yang ditandai oleh ankylosis. Hal ini adalah perubahan lanjut nonspesifik pada semua penyakit sendi yang destruktif.
AR juga dapat diperiksa dengan Magnetic Resonace Imaging (MRI), ultrasound sendi, dan Bone Densitrometry (DEXA).

Konsep pengobatan AR:
Tujuan utama dari program pengobatan adalah sebagai berikut :
1.  Menghilangkan gejala inflamasi aktif baik lokal maupun sistemik.
2.  Mencegah terjadinya destruksi jaringan.
3.  Mencegah terjadinya deformitas dan memelihara fungsi persendian agar tetap dalam kedaan baik.
4.  Mengembalikan kelainan fungsi organ dan persendian yang terlibat agar selaput mungkin menjadi normal kembali.
Karena itu ada sejumlah cara penatalaksanaan untuk mencapai tujuan tersebut, yaitu : 1,2
§  Edukasi
Penerangan tentang kemungkinan faktor etiologi, riwayat alamiah penyakit dan penatalaksanaan AR kepada pasien merupakan amat penting untuk dilakukan. Sehingga dapat dikontrol perubahan emosional, motivasi dan kognitif yang terganggu akibat penyakit ini.
§  Medikamentosa
-     Obat Anti Inflamasi Non Steroid (OAINS)
        Diberikan pada pasien AR sejak masa dini
Digunakan untuk mengurangi inflamasi dan meredakan nyeri, juga memberikan efek analgesik yang sangat baik. Contohnya : aspirin, ibuprofen, indometasin, valdecoxib dan celecoxib. Hati-hati terhadap efek toksisitasnya pada sistem gastrointestinal.
OAINS bekerja dengan cara:
1.    Memungkinkan stabilisasi membran lisosomal
2.    menghambat pembebesan dan aktivitas mediator inflamasi (histamin, serotonon, enzim lisosomal)
3.    menghambat migrasi sel ke tempat peradangan
4.    menghambat proliferasi seluler
5.    menetralisasi... seluler
6.    menekan rasa nyeri

-     Obat Analgetik
Digunakan untuk meredakan nyeri tapi tidak berpengaruh pada inflamasi contohnya : asetaminofen, propoksifen, mepeidin dan morfin.
-     Kortikosteroid
Hanya diresepkan pada dosis pemeliharaan yang rendah untuk mencegah kerusakan sendi contohnya : glukokortiroid, prednison.
-     Disease Modifying Antirheumatic Drugs (DMARD)
Digunakan bersama dengan OAINS dan atau prednison untuk memperlambat kerusakan sendi. Contohnya : metotreksat, senyawa emas, penisilamin, azatioprin, klorokuin, hidroksiklorokuin, sulfasalazin.
Terdapat 2 cara pendekatan:
1.    pemberian DMARD tunggal yang dimulai dari saat yang sangat dini
2.    menggunakan 2 atau lebih DMARD secara simultan/ secara siklik seperti penggunaan obat-obatan imunosupresif pada pengobatan penyakit keganasan.
   Beberapa jenis DMARD yang lazim digunakan:
-          klorokuin
banyak ditemukan di Indonesia dan murah
efek sampingnya kecil
-          sulfazalazine
-          D-penicillamine
-          Garam emas (auro sodium thiomalatel (AST) intramuskular
-     Biologic Response Modifiers
-     Terapi Imunoadsorpsi Protein-A

§  Operasi
-          Sinovektomi              :   memotong / memindahkan sinovium yang sakit atau tepi dari persendian. Hasilnya adalah pengurangan pembengkakan dan nyeri.
-          Operasi Artroskopi     :   dilakukan pada lutut dan bahu.
-          Osteotomi                 :   “memotong tulang” untuk meningkatkan stabilitas dengan mendistribusi ulang beban pada sendi.
-          Joint Replacement Surgery atau Artroplasti         
-          Artrodesis atau penggabungan (fusion)

§  Rehabilitasi
-     Olah raga
Jenis oleh raga yang dapat dilakukan ada 3 yaitu fleksibilitas (peregangan), beban (tahanan), dan aerobik.
-     Keseimbangan antara aktivitas dan istirahat.
-     Mengatasi depresi
Dilakukan dengan : -    Relaksasi dan tidur
-          Terapi lainnya :
o    Pijatan
o    Akupuntur
o    Diet
o    Suplemen



SLIMING CAPSUL
Suplement pelangsing terbaik. Lulus Standard GMP (Good Manufacturing Practice) dan uji tes SGS. Pesan sekarang Juga!!!
sikkahoder.blogspot
ABE CELL
(Jamu Tetes)Mengatasi diabetes, hypertensi, kanker payudara, mengurangi resiko stroke, meningkatkan fungsi otak, dll.
sikkahoder.blogspot
MASKER JERAWAT
Theraskin Acne Mask (Masker bentuk pasta untuk kulit berjerawat). Untuk membantu mengeringkan jerawat.
sikkahoder.blogspot
ADHA EKONOMIS
Melindungi kulit terhadap efek buruk sinar matahari, menjadikan kulit tampak lenih cerah dan menyamarkan noda hitam di wajah.
sikkahoder.blogspot
BIO GLOKUL
Khusus dari tanaman obat pilihan untuk penderita kencing manis (Diabetes) sehingga dapat membantu menstabilkan gula darah
sikkahoder.blogspot


ADVERTISE HERE Ads by Sikkahoder
Body Whitening
Mengandung vit C+E, AHA, Pelembab, SPF 30, Fragrance, n Solk Protein yang memutihkan kulit secara bertahap dan PERMANEN!!
Sikkahoder.blogspot
PENYEDOT KOMEDO
Dengan alat ini, tidak perlu lg memencet hidung, atau bagian wajah lainnya untuk mengeluarkan komedo.
Sikkahoder.blogspot
Obat Keputihan
Crystal-X adalah produk dari bahan-bahan alami yang mengandung Sulfur, Antiseptik, Minyak Vinieill. Membersihkan alat reproduksi wanita hingga kedalam.
Sikkahoder.blogspot
DAWASIR
Obat herbal yang diramu khusus bagi penderita Wasir (Ambeien), juga bermanfaat untuk melancarkan buang air besar dan mengurangi peradangan pada pembuluh darah anus
Sikkahoder.blogspot
TERMOMETER DIGITAL
Termometer digital dengan suara Beep. Mudah digunakan, gampang dibaca dengan display LCD dan suara beep ketika selesai mendeteksi suhu.
Sikkahoder.blogspot


ADVERTISE HERE Ads by Sikkahoder