PENANGANAN LUKA BAKAR PADA ANAK


PEMBAHASAN UMUM

LUKA BAKAR

Etiologi

          Luka bakar merupakan kecelakaan yang sering dan harus di hdapi oleh para dokter, dan ini merupakan kecelakaan yang dapat menyebabkan kematian jika luka bakarnya cukup luas. Faktor-faktor yang menyebabkan luka bakar tersering adalah air, lainnya minyak, semburan gasa, cairan kimia, aliran listrik dan juga sengatan dingin. Kedalaman dan kerusakan pada kulit tergantung lamanya waktu paparan, viskositas cairan panas, ketebalan kulit yang terbakar dengan demikian keadaan ini akan mempengaruhi prognosis selanjutnya.

Luka bakar dapat menimbulkan efek pada :
v Kulit Panas mempunyai efek merusak lapisan kulit, menyebabkan kulit menjadi melepuh, terbuka dan mudah untuk terjadinya infeksi serta menyebabkan cairan tubuh menghilang.
v Darah dan pembuluh darah. Efek panas mengakibatkan permeabilitas pembuluh darah meningkat sehingga cairan dan protein mudah keluar dari pembuluh darah hal ini menyebabkan terjadinya hipovolemia dan keadaan yang lebih lanjut mengakibatkan shock hipovolemia.

DERAJAT LUKA BAKAR

Luka Bakar Dangkal
Derajat I
Mengenai epidermis, sifat luka adalah eriterna, kerusakan jaringan dan edema minuman. Keluhan utamanya berupa rasa nyeri (membaik dalam 2-3 hari). Luka bakar derajat ini sembuh dalam 5-10 hari.

Derajat Iia
SUPERFICIAL, Luka bakar mengenai seluruh epidermis sehingga timbul kemerahan dan lepuh (blister) tapi masih ada epitel yang sehat yang tersisa lepuh. Terasa sangat nyeri. Komplikasi jarang terjadi dan penyembuhan terjadi dalam 10-14 hari.

Luka Bakar Dalam
Derajat II b
PROFUNDA, mengenai stratum germinatum dan korium, warnanya ,merah atau merah muda dan melepuh. Pada penyembuhan luka akan menjadi merah mjda dan putih akibat suplai darah ke dermis. Penyembuhan terjadi dalam waktu 25-35 hari. Derajat kehilangan cairan kurang lebih sama dengan dengan luka bakar derajat III. Bila terinfeksi, maka pada penyembuhan perlu dilakukan tandur alih kulit, terasa nyeri tapi tidak seperti luka bakar derajat II superficial dan terdapat bula.
Derajat III
Mengenai seluruh lapisan kulit, sehingga kulit menjadi mati dan kering, berwarna coklat, putih, merah, atau hitam. Hanya dapat sembuh dengan epitelia dari margin kulit atau cangkok kulit. Terjadi anestesi, karena terjadinya kerusakan reseptor rasa nyeri, dipakai sebuah jarum steril ditusukan ke daerah luka bakar. Bila tidak terasa nyeri maka tes (+). Terjadi edema hebat dan kerusakan permanen.
Derajat IV
Tidak hanya terkena pada seluruh lapisan kulit tapi mengenai lemak subkutan bahkan mengenai otot, bahkan hingga tulang.

PENENTUAN LUKA BAKAR

Penentuan luka bakar sangat penting untuk menentukan terapi cairan, perawatan, dan prognosis. Pada orang dewasa digunakan rule of nine.

DEWASA = Rule of nine
-         Kepala dan leher                                    = 9 %
-         Dada dan perut                                               = 18 %
-         Punggung hingga bokong                       = 18 %
-         Anggota gerak atas masing-masing                 = 9 %
-         Anggota gerak bawah masing-masing   = 18 %
-         Perinium dan genitalia eksterna             = 1 %

PENANGANAN DAN PROGNOSA
Tergantung oleh :
·        Derajat luka bakar (kedalaman)
·        Luas permukaan luka bakar
·        Usia penderita
·        Lokalisasi luka bakar
·        Keadaan kesehatan penderita
·        Cepat lambatnya pertolongan
·        Fasilitas pertolongan
Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum penatalaksanaan luka bakar dilakukan.
-         Luas luka bakar 50% memerlukan jumlah cairan = luka bakar 50%
-         Kecepatan pembentukan edema jaringan akibat luka bakar mencapai puncaknya selama 6-8 jam pertama, kemudian menurun dan sisanya berhenti setelah lewat 48 jam.
-         Setelah itu dimulai penyerapan, terutama melalui saluran getah bening (limfe). Tetapi luka bakar yang sangat luas, lebih-lebih biladisertai infeksi, maka edema dapat terjadi selama 2-3 minggu.

PENATALAKSANAAN LUKA BAKAR
1.      Perawatan di tempat, bebaskan jalan nafas, bila perlu berikan O2, resusitasi, kardio pulmonal, bila diperlukan.
2.      Bawa ke rumah sakit terdekat, bila RS terdekat perlu waktu 30 menit sementara luka bakar dalam derajat berat, lakukan pemberian cairan IV dengan cairan kristaloid 1L/jam.
3.      Singkirkan dan lepaskan pakaian yang ketat atau perhiasan yang terdapat di daerah luka karena dapat menimbulkan edema lokal dan memungkinkan gangguan sirkulasi lokal.
4.      Luka bakar kecil secepatnya diberi air dingin jangan di beri es batu walaupun luka bakar kecil DPT menimbulkan hipotermi sistemik.
5.      Atasi shock, bila stidor dan sianosis lakukan trakeotomi, bila pasien sadar ukur berat badannya.
6.      Tindakan lanjutan. Hitung luas luka bakar, bila kesakita beri morfin 2-5 mg dalam dosis yang dititrasi setiap jamnya pada orang dewasa, morfin 0,1 mg/Kg BB setiap jamnya pada anak-anak, selama fase resusitasi semua obat harus diberikan secara intra vena.
7.      Dekompresi gaster dengan nasogastric tube untuk mencegah ileus paralitik.
8.      Pemasangan kateter.
9.      ATS 3000 IU/IM (dewasa), 1500 IU/IM (anak)
10. Terapi cairan dan perawatan luka
11. Terapi psikososial diberikan sedini mungkin.

PEMBERIAN KEBUTUHAN MENURUT BAXTER

Paling sering di pakai, praktis dan mudah, adalah cairan ringer laktat –24 jam I RL = 4 x BB x % luka bakar, setengahnya dari jumlah kebutuhan cairan total diberikan dalam 8 jam I, sisanya diberikan dalam 16 jam berikutnya –24 jam II RL = 4 x BB x % luas luka bakar, dalam 24 jam. Cairan diberikan sedemikian rupa sehingga produksi urine 50-100 ml/jam.

Jumlah produksi urine penderita penting untuk mengetahui apakah pengobatan cairan memadai atau tidak.
-       Antibiotik spectrum luas, paling banyak adalah gol Aminoglikosid yang efektif terhadap pseudomonas.
-  Salep anti luka bakar Silver sulfadiazi (Dermazin*, Burnazin*), yang pemakaian jangka panjang akan menyebabkan leukopeni, dan penggunaan untuk anak 1-2 bulan tidak dianjurkan.
-         Antasida untuk mencegah tukak stress
-         Antipiretik untuk suhu tinggi.
Perawatan Luka :
·        Untuk mencegah infeksi sekunder
·        Mencegah kontraktur
·        Mempercepat penyembuhan
Penyembuhan luka dilakukan dengan :
Mencukur rambut sekitar luka, mencuci luka dengan air hangat steril, pemakaian larutan betadine, eskarriotomi, debridemen untuk membuang jaringan mati dengan eksisi tangensial, membuang jaringan nekrotik dan benda asing, Bula kecil dibiarkan tetapi bila besar dipecahkan dengan cara steril.
Perawatan luka secara terbuka
Luka dibiarkan terbuka dan di harapkan dapat sembuh sendiri. Perawatan harus secara steril, bila terdapat pus kompres dengan NaCl 0,9 %.
Keunggulannya : Pengawasan luka lebih mudah, luka mudah kering, dan tidak perlu pergantian pembalut.
Perawatan luka secara tertutup.
Sekarang ini sering dikombinasikan dengan pemakaian antibiotik topical. Pemakaian pembalut harus memiliki daya penyerapan dan diganti tiap 8-24 jam. Saat ini banyak di pakai kassa khusus disertai pemakaian antibiotik topical, misalnya Sofratulle, Daryantulle yang dikombinasikan dengan bioplaceton. Keunggulannnya : imobilisasi luka lebih sempurna, penentuan dalamnya luka lebih teliti. Eksisi primer, kadang di pakai untuk pembuangan jaringan nekrotik dengan segera, memungkinkan tandur alih kulit lebih cepat, penyembuhan luka menjadi lebih awal, memperkecil kemungkinan infeksi.
Diet penderita luka bakar
Komposisi makanan pada penderita luka bakar harus benar-benar diperhatikan untuk mempercepat proses penyembuhan luka bakar. Pada luka bakar luas, penderita dipuasakan 24 jam 48 jam karena pada masa itu terjadi ileus paralitik. Setelah periode tersebut lewat penderita diberikan makanan peroral dengan kombinasi sebagai berikut :
·        Protein 2-3 g/KgBB
·        Kalori 50-701 kal/KgBB
·        Vit A, B kompeks, C
Bila luka bakar >40% Makanan peroral ditambah manakan intravena (infuse).
Posisi anggota tubuh selama perawatan :
1.     Posisi siku dalam keadaan flexi dengan sudut maksimum sebesar 30 derajat.
2.     Posisi aksila dalam keadaan abduksi dengan sudut minimum sebesar 60 derajat.
3.     Posisi lipat paha dalam keadaan abduksi 10 derajat, posisi lutut sedikit fleksi 10 derajat, dan posisi pergelangan kaki adalah 90 derajat.
Lakukan fisioterapi sedini mungkin untuk mencegah kontraktur. Posisi diatas dilakukan untuk mencegah kontraktur.

Komplikasi Luka Bakar Antara Lain :
·        Infeksi, merupakan masalah utama, bila terjadi infeksi berat penderita dapat mengalami sepsis yang mengakibatkan kematian. Berikan antibiotik berspektrum luas, kortikosteroid diberikan bila terdapat edema laring berat.
·        Curling’s ulcer, ini merupakan komplikasi serius, pada hari 5-10 terjadi ulkus pada duodenum /lambung. Kadang-kadang ditemukan hematemesis. Antasida harus diberikan rutin pada penderita luka bakar sedang-berat.
·        Gangguan jalan nafas, paling dini dibandingkan komplikasi lainnya ( 1 Hari), terjadi karena inhalasi, aspirasi, edema paru, dan infeksi. Penanganannya dengan membersihkan jalan napas, memberikan O2, trakeostomi, kortikosteroid dosis tinggi dan antibiotik.
·        Konvulsi, komplikasi yang sering terjadi pada anak-anak, akibat ketidakseimbangan elektrolit, hipoksia, infeksi dan obat-obatan (penisilin, aminofilin, difenhidramin)
·        Anemi, disebabkan oleh destruksi eritrosit pada bagian yang terbakar, depresi sumsum tulang belakang karena sepsis, perdarahan pada luka bakar saat pergantian pembalut.
Komplikasi lainnya
Edema paru, Burn shock, gagal ginjal akut (oliguri dan anuria) dan gangguan kosmetis, hipertropi jaringan parut, dehidrasi, perdarahan, hipoproteinemia, deformitas.

SLIMING CAPSUL
Suplement pelangsing terbaik. Lulus Standard GMP (Good Manufacturing Practice) dan uji tes SGS. Pesan sekarang Juga!!!
sikkahoder.blogspot
ABE CELL
(Jamu Tetes)Mengatasi diabetes, hypertensi, kanker payudara, mengurangi resiko stroke, meningkatkan fungsi otak, dll.
sikkahoder.blogspot
MASKER JERAWAT
Theraskin Acne Mask (Masker bentuk pasta untuk kulit berjerawat). Untuk membantu mengeringkan jerawat.
sikkahoder.blogspot
ADHA EKONOMIS
Melindungi kulit terhadap efek buruk sinar matahari, menjadikan kulit tampak lenih cerah dan menyamarkan noda hitam di wajah.
sikkahoder.blogspot
BIO GLOKUL
Khusus dari tanaman obat pilihan untuk penderita kencing manis (Diabetes) sehingga dapat membantu menstabilkan gula darah
sikkahoder.blogspot


ADVERTISE HERE Ads by Sikkahoder
Body Whitening
Mengandung vit C+E, AHA, Pelembab, SPF 30, Fragrance, n Solk Protein yang memutihkan kulit secara bertahap dan PERMANEN!!
Sikkahoder.blogspot
PENYEDOT KOMEDO
Dengan alat ini, tidak perlu lg memencet hidung, atau bagian wajah lainnya untuk mengeluarkan komedo.
Sikkahoder.blogspot
Obat Keputihan
Crystal-X adalah produk dari bahan-bahan alami yang mengandung Sulfur, Antiseptik, Minyak Vinieill. Membersihkan alat reproduksi wanita hingga kedalam.
Sikkahoder.blogspot
DAWASIR
Obat herbal yang diramu khusus bagi penderita Wasir (Ambeien), juga bermanfaat untuk melancarkan buang air besar dan mengurangi peradangan pada pembuluh darah anus
Sikkahoder.blogspot
TERMOMETER DIGITAL
Termometer digital dengan suara Beep. Mudah digunakan, gampang dibaca dengan display LCD dan suara beep ketika selesai mendeteksi suhu.
Sikkahoder.blogspot


ADVERTISE HERE Ads by Sikkahoder