INFEKSI SELAPUT OTAK


MENINGITIS

Meningitis adalah infeksi cairan otak disertai radang yang mengenai piamater, arakhnoid dan dalam derajat yang lebih ringan mengenai jaringan otak dan medula spinalis yang superfisial
Berdasarkan lapisan selaput otak yang mengalami radang maka meningitis dibagi menjadi
  1. Pakimeningitis : yang mengalami radang adalah duramater.
  2. Leptomeningitis : yang mengalami radang adalah araknoid dan piamater.
            Selanjutnya yang dimaksud dengan meningitis adalah leptomeningitis.

Berdasarkan penyebabnya meningitis dibagi menjadi :
1.      Meningitis karena bakteri .
2.      Meningitis karena virus
3.      Meningitis karena riketsia
4.      Meningitis karena jamur
5.      Meningitis karena cacing
6.      Meningitis karena protozoa.

Menurut perubahan yang terjadi pada cairan otak, meningitis dibagi menjadi 2 golongan yaitu
  1. Meningitis purulenta
Likuor serebrospinal keruh karena mengandung pus atau nanah. Nanah ialah campuran leukosit hidup dan yang mati, jaringan yang mati dan bakteri. Penyebab yang umum adalah Streptoccocus, Staphyloccocus, kadang-kadang Pneumoccocus.
  1. Meningitis serosa
  2. Likuor serebrospinal jernih meskipun mengandung jumlah sel dan protein yang meninggi. Penyebab paling sering dijumpai adalah kuman tuberkulosis. Kausa lain adalah virus.

Penyebab meningitis

Umum
            Neisseria meningitides
Streptococcus pneumoniae
Staphylococcus
Haemophilus influenzae
Enteroviruses
Mumps virus
Penyebab yang jarang
            Mycobacterium tuberculosis
            Listeria monocytogenes
            Gram negative bacilli
            Leptospira
Borrelia burgdorferi
            HIV
            Cryptococcus neoformans
Pada neonatus
            Group B streptococci
Escherichia coli
Other gram negative bacilli
Listeria monocytogenes
Staphylococcus aureus

Gejala-gejala umum meningitis :

Keluhan pertama biasanya nyeri kepala. Rasa nyeri dapat menjalar ke tengkuk dan punggung. Demam, fotofobia tengkuk menjadi kaku. Kesadaran menurun. Kaku kuduk disebabkan karena mengejangnya otot-otot ekstensor tengkuk. Bila hebat, terjadi opistotonus, yaitu tengkuk kaku dalam sikap kepala tertengadah dan punggung berada dalam sikap hiperekstensi. Tanda Kernig’s dan Brudzinski positif.
Pada meningitis bakteri yang berat juga terdapat tanda seperti edema otak dan peningkatan tekanan intrakranial yang disertai penurunan kesadaran, mual, muntah dan kejang. Pada neonatus  terdapat apatis, iritabilitas, letargi, pada orang tua atau pada pasien immunocompromised dapat berupa demam, bingung.
Komplikasi
  • “Disseminated intravascular coagulation (DIC)”
  • Encephalitis
  • Kejang
  • Demam yang menetap
  • “Syndrome of inappropriate antidiuretic hormone (SIADH)”
Pengobatan yang cepat dan tepat dapat mengurangi resiko kerusakan otak dan komplikasi lebih lanjut, yaitu:
  • Perubahan tingkah laku dan kepribadian
  • Hilangnya penglihatan(sebagian / total)
  • Cerebral palsy
  • Hilangnya pendengaran (sebagian / total)
  • Retardasi mental
  • Paralisis (sebagian / total)
  • “Speech loss (partial / total)”
Meningitis bakteri yang berat juga dapat menyebabkan opistotonus, koma, dan kematian.


Diagnosis suatu meningitis pertama kali ditegakkan melalui pemeriksaan fisik dan analisis cairan cerebrospinal .
Pada pemeriksaan fisik didapatkan kaku leher, sakit kepala yang berat, dan demam merupakan indikasi dari meningitis. Bisa saja terdapat sakit yang sangat pada saat menggerakkan leher. Leher dapat menjadi sangat kaku sehingga pada saat digerakkan tubuh juga akan ikut bergerak. Tanda fisik lain yang dapat dilihat adalah  mata yang membengkak / edema menandakan adanya peningkatan tekanan intrakranial, dan dapat juga ada ‘skin rash’.
Computed tomography (CT scan) / magnetic resonance imaging (MRI scan) dari otak dapat digunakan untuk membantu menegakkan diagnosa.
Tes laboratorium yang dilakukan adalah pemeriksaan darah lengkap, kultur darah, dan “spinal tap”. Pada pemeriksaan hitung jenis akan memperlihatkan leukosit yang meningkat apabila ada infeksi di dalam tubuh. Kultur darah dilakukan untuk mengetahui jenis bakteri yang ada dalam darah.
“Spinal tap”, atau lumbal punksi, merupakan pemeriksaan yang penting untuk meningitis.

Penatalaksanaan

Pengobatan dilakukan sesuai dengan tipe meningitis dan organisme yang menyebabkan.
Meningitis virus
Biasanya dilakukan pengobatan secara paliatif. Pengobatan paliatif meliputi tirah baring, terapi cairan untuk mencegah dehidrasi, dan analgetika (misal aspirin, acetaminophen) untuk mengurangi demam.
Meningitis yang disebabkan oleh virus herpes dapat diobati dengan menggunakan antiviral  seperti  acyclovir atau ribavirin. Efek samping dari pengobatan ini antara lain mual, muntah, dan sakit kepala.


Meningitis bacterial
Biasanya  pengobatannya adalah antibiotik intravena di rumah sakit untuk mencegah komplikasi yang serius dan kerusakan neurologi..
Bila sakit  sangat parah maka diobati dengan antibiotik yang dikombinasi. Penicillin yang dikombinasikan dengan cephalosporin, cefotaxime biasa digunakan. Karena beberapa bakteri resisten terhadap obat ini, vancomycin, dengan atau tanpa rifampin, ampicillin, dan gentamicin dapat ditambahkan untuk mencegah resistensi pneumococcal strains dan Listeria monocytogenes.
Efek samping yang dapat terjadi adalah sakit pada perut, mual, muntah, dan diare. Bila hasil kultur dari cairan cerebrospinal telah diketahui kuman penyebabnya maka antibiotik yang diberikan disesuaikan dengan jenis kumannya.
Amphotericin B dan fluconazole merupakan obat yang efektif untuk penyakit yang disebabkan oleh jamur dan merupakan obat lini pertama yang digunakan untuk meningitis yang disebabkan fungi. Obat tersebut dapat diberikan tunggal atau dikombinasi.
Efek samping yang mungkin ditimbulkan oleh fluconazole adalah mual dan muntah, diare, sakit kepala, “skin rash”, dan sakit pada abdomen. Pengobatan  melalui intravena untuk amphotericin B juga dapat menimbulkan efek yang sama, seperti keringat dingin dan demam, nadi yang lambat, hipotensi, sakit seluruh badan dan berat badan menurun.
Meningitis karena parasit umumnya diobati dengan derivat benzimidazole atau obat antihelmintik.
Komplikasi yang timbul juga harus diobati. Kortikosteroid (misal, dexamethasone) dapat mengurangi faktor resiko hilangnya pendengaran. Peningkatan tekanan intrakranial mungkin dapat dikurangi dengan diuretik (misal, mannitol) dan pembedahan pemasangan shunt.

Prognosis

Meningitis karena bakteri mencapai 25% dari kasus yang ada. Pasien dengan meningitis yang disebabkan oleh Streptococcus pneumoniae dan pasien yang berumur kurang dari 2 tahun atau di atas 60 tahun mempunyai prognosis yang buruk. Pengobatan yang tepat dengan pemberian antibiotik dapat mengurangi resiko kematian pada meningitis bakteri sampai dengan 15%.
Meningitis virus yang menetap dalam 7–10 hari akan  fatal (1% dari kasus).

Pencegahan
Imunisasi dengan vaksin dibawah ini efektif untuk mencegah meningitis:
  • Haemophilus influenzae tipe B
  • MMR (measles, mumps, rubella)
  • Neisseria meningitides
  • Pneumococcal (anak berumur 2 tahun dan yang lebih muda)
  • Streptococcus pneumoniae
  • Varicella (chickenpox)
Pengobatan seperti rifampin, ceftriaxone , dan ciprofloxacin juga digunakan untuk mencegah berkembangnya meningitis bakteri pada orang yang terpapar/ terekspose untuk terkena penyakit.

SLIMING CAPSUL
Suplement pelangsing terbaik. Lulus Standard GMP (Good Manufacturing Practice) dan uji tes SGS. Pesan sekarang Juga!!!
sikkahoder.blogspot
ABE CELL
(Jamu Tetes)Mengatasi diabetes, hypertensi, kanker payudara, mengurangi resiko stroke, meningkatkan fungsi otak, dll.
sikkahoder.blogspot
MASKER JERAWAT
Theraskin Acne Mask (Masker bentuk pasta untuk kulit berjerawat). Untuk membantu mengeringkan jerawat.
sikkahoder.blogspot
ADHA EKONOMIS
Melindungi kulit terhadap efek buruk sinar matahari, menjadikan kulit tampak lenih cerah dan menyamarkan noda hitam di wajah.
sikkahoder.blogspot
BIO GLOKUL
Khusus dari tanaman obat pilihan untuk penderita kencing manis (Diabetes) sehingga dapat membantu menstabilkan gula darah
sikkahoder.blogspot


ADVERTISE HERE Ads by Sikkahoder
Body Whitening
Mengandung vit C+E, AHA, Pelembab, SPF 30, Fragrance, n Solk Protein yang memutihkan kulit secara bertahap dan PERMANEN!!
Sikkahoder.blogspot
PENYEDOT KOMEDO
Dengan alat ini, tidak perlu lg memencet hidung, atau bagian wajah lainnya untuk mengeluarkan komedo.
Sikkahoder.blogspot
Obat Keputihan
Crystal-X adalah produk dari bahan-bahan alami yang mengandung Sulfur, Antiseptik, Minyak Vinieill. Membersihkan alat reproduksi wanita hingga kedalam.
Sikkahoder.blogspot
DAWASIR
Obat herbal yang diramu khusus bagi penderita Wasir (Ambeien), juga bermanfaat untuk melancarkan buang air besar dan mengurangi peradangan pada pembuluh darah anus
Sikkahoder.blogspot
TERMOMETER DIGITAL
Termometer digital dengan suara Beep. Mudah digunakan, gampang dibaca dengan display LCD dan suara beep ketika selesai mendeteksi suhu.
Sikkahoder.blogspot


ADVERTISE HERE Ads by Sikkahoder