indikasi, prosedur colonoscopy dan video colonoscopy

MENGENAL APA ITU COLONOSCOPY
Video prosedur kolonoscopy
video

Apa itu colonoscopy?


Kolonoskopi adalah prosedur yang memungkinkan seorang pemeriksa (biasanya seorang gastroenterologist) untuk mengevaluasi atau mendeteksi lapisan bagian dalam kolon (usus besar) dan rectum.

Usus besar atau dalam bahasa medis disebut kolon, adalah bagian akhir saluran pencernaan sebelum anus. Fungsi utamanya adalah menyerap air dan garam dari tinja. Selain itu, usus besar juga tempat fermentasi atau pembusukan tinja dengan bantuan bakteri penghuni normal usus besar.
Usus besar dapat mengalami berbagai macam gangguan atau kelainan, misalnya polip, tumor, infeksi, ulkus, dan lain-lain. Jika hanya diraba dari luar, dari dinding perut, maka sebagian kelainan tersebut tidak dapat terdeteksi. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan untuk melihat langsung dinding usus besar dengan colonoscopy.

colonoscopy di lakukan dengan sebuah tabung fleksibel yang panjang yang di sebut Colonoscop dengan sebuah kamera serat optik fleksibel yang di hubungkan dengan sebuah monitor sehingga memungkinkan dokter untuk memvisualisasikan seluruh usus besar. colonoscopy Dapat menjangkau seluruh bagian kolon dan rektum ini berbeda dengan Sigmoidoscopy yang hanya dapat melihat rektum hingga sigmoid


Mengapa harus di lakukan coloscopy?
Colonoscopy di lakukan untuk :
  • Colonoscopy di gunakan sebagai alat skrining untuk deteksi dini kanker kolorektal yaitu Tumor ganas yang berasal dari dinding dalam usus besar. 
    • Individu dengan riwayat polip atau kanker usus besar dan individu tertentu dengan riwayat keluarga kanker kolon atau masalah yang mungkin terkait dengan kanker usus besar (seperti kolitis ulserativa dan kolon polip ) mungkin disarankan untuk melakukan  colonoscopies karena memiliki resiko yang besar terkena kanker colon.
    • Menurut American College of Gastroenterology  merekomendasikan agar pemeriksaan skrining setiap 5 tahun sekali dengan mengunakan colonoscopy pada setiap orang yang berumur lebih dari 50 tahun, untuk deteksi dini dan pencegahan kanker colonrectal.
  • Selain itu colonoscopy di lakukan untuk 
    • menyelidiki penyebab adanya darah dalam tinja (untuk menemukan tempat dan penyebab perdarahan serta untuk memeriksa area iritasi atau luka di usus besar) atau darah pada dubur atau anus, 
    • nyeri perut bagian bawah yang tidak dapat di jelaskan penyebabnya.
    • diare kronik dengan  Anemia defisiensi zat besi yang tidak diketahui penyebabnya.
    • adanya perubahan kebiasaan buang air besar, atau 
    • untuk mendukung hasil diagnosis kelainan yang ditemukan pada foto polos (rotgen) atau (CT) scan kolon.
    • Untuk Evaluasi setelah pembedahan kolon dan atau suatu polip

Apa saja persiapan yang di lakukan sebelum melakukan colonoscopy?
Dokter biasanya memberikan instruksi tertulis tentang bagaimana mempersiapkan untuk colonoscopy. Proses ini disebut persiapan usus.
  • Secara umum, semua makanan padat harus dikosongkan dari saluran pencernaan. Pasien biasanya  disarankan agar mengkonsumsi makanan cair selama satu sampai tiga hari sebelum prosedur colonoscopy di lakukan, Pasien juga tidak boleh mengkonsumsi makanan atau cairan yang berwarna pewarna merah atau ungu
  • Sebuah pencahar atau enema mungkin diperlukan malam sebelum colonoscopy. Pencahar adalah obat yang memudahkan pengeluaran tinja dan meningkatkan gerakan usus. Obat pencahar biasanya ditelan dalam bentuk pil atau sebagai bubuk dilarutkan dalam air.
  • Pasien harus memberitahu dokter dari semua kondisi medis dan riwayat obat-obatan, vitamin, atau suplemen diminum, termasuk aspirin,  obat  arthritis , obat pengencer darah, obat diabetes (insulin) dan vitamin yang mengandung zat besi
  • Pasien juga wajib memberi tahu adanya alergi terhadap obat- obatan anasthesi.
video
                                             video colonoscopy dengan adanya polip


    Bagaimana cara melakukan colonoscopy?
    Prosedur kolonoskopi antara lain adalah:

    • Pasien berbaring di sisi kiri dengan kedua lutut di tekuk menyentuh perut
    • Dokter memasang peralatan yang memantau tekanan darah, nadi, dan pernapasan.
    • Pemberian obat penenang, kadang-kadang pereda nyeri, untuk menjaga pasien tetap rileks dan tidak gelisah.
    • Dokter memasukkan endoskop berlampu dan berkamera lewat anus, menuju rektum dan usus besar. Dokter juga memasukkan gas karbon dioksida untuk menggembungkan usus besar agar dindingnya lebih mudah dan lebih jelas terlihat.
    • Dengan bantuan kamera, dokter akan memeriksa seluruh dinding usus besar untuk mencari gangguan atau kelainan jaringan.
    • Sekali-kali pasien diminta merubah posisinya agar dinding usus lebih jelas terlihat.
    • Jika dokter menemukan polip atau jaringan yang tampak terganggu, dokter dapat melakukan pemotongan polip atau pengambilan sedikit jaringan untuk diperiksa sel-selnya, apakah jinak atau ganas. Selain itu, jika ada perdarahan, dapat dihentikan dengan membakarnya dengan kauter listrik.
    Kolonoskopi memakan waktu sekitar 30 sampai 60 menit. Satu hari kemudian biasanya pasien sudah mengalami pemulihan total.

    animated gif
    gambar colonoscopy

    Apa saja Efek samping yang timbul akibat colonoscopy?
    Komplikasi kolonoskopi jarang terjadi dan biasanya kecil bila dilakukan oleh dokter yang telah dilatih khusus dan berpengalaman.
    Efek samping yang dapat timbul akibat colonoscopy adalah :
    • Efek samping yang paling umum adalah kram, rasa sakit dan perut membengkak yang disebabkan oleh udara yang digunakan untuk mengembangkan usus besar selama prosedur. Biasanya setelah prosedur coloscopy Udara ini dikeluarkan dan gejala-gejala akan hilang.
    • Meskipun jarang, ada potensi kolonoskop (alat tabung fleksibel yang di gunakan untuk colonoscopy) dapat melukai dinding usus, menyebabkan perforasi, infeksi , atau perdarahan.
    • Ketika tes ini dilakukan, biasanya diberikan obat penenang atau penghilang rasa sakit. Adanya risiko reaksi alergi atau efek samping dari obat bisa terjadi. Obat-obat IV diberikan di bawah pengawasan medis, dan Anda akan dipantau selama prosedur untuk mengurangi risiko komplikasi yang berhubungan dengan obat.

    REFERENSI
    • Bond JH, Frakes JT. Who should perform colonoscopy? How much training is needed?. Gastrointest Endosc. May 1999;49(5):657-9. .
    • Byers T, Levin B, Rothenberger D, et al. American Cancer Society guidelines for screening and surveillance for early detection of colorectal polyps and cancer: update 1997. American Cancer Society Detection and Treatment Advisory Group on Colorectal Cancer. CA Cancer J Clin. May-Jun 1997;47(3):154-60.
    • Fenlon HM, Nunes DP, Clarke PD, Ferrucci JT. Colorectal neoplasm detection using virtual colonoscopy: a feasibility study. Gut. Dec 1998;43(6):806-11.
    • Waye JD. What constitutes a total colonoscopy?. Am J Gastroenterol. Jun 1999;94(6):1429-30.

    SLIMING CAPSUL
    Suplement pelangsing terbaik. Lulus Standard GMP (Good Manufacturing Practice) dan uji tes SGS. Pesan sekarang Juga!!!
    sikkahoder.blogspot
    ABE CELL
    (Jamu Tetes)Mengatasi diabetes, hypertensi, kanker payudara, mengurangi resiko stroke, meningkatkan fungsi otak, dll.
    sikkahoder.blogspot
    MASKER JERAWAT
    Theraskin Acne Mask (Masker bentuk pasta untuk kulit berjerawat). Untuk membantu mengeringkan jerawat.
    sikkahoder.blogspot
    ADHA EKONOMIS
    Melindungi kulit terhadap efek buruk sinar matahari, menjadikan kulit tampak lenih cerah dan menyamarkan noda hitam di wajah.
    sikkahoder.blogspot
    BIO GLOKUL
    Khusus dari tanaman obat pilihan untuk penderita kencing manis (Diabetes) sehingga dapat membantu menstabilkan gula darah
    sikkahoder.blogspot


    ADVERTISE HERE Ads by Sikkahoder
    Body Whitening
    Mengandung vit C+E, AHA, Pelembab, SPF 30, Fragrance, n Solk Protein yang memutihkan kulit secara bertahap dan PERMANEN!!
    Sikkahoder.blogspot
    PENYEDOT KOMEDO
    Dengan alat ini, tidak perlu lg memencet hidung, atau bagian wajah lainnya untuk mengeluarkan komedo.
    Sikkahoder.blogspot
    Obat Keputihan
    Crystal-X adalah produk dari bahan-bahan alami yang mengandung Sulfur, Antiseptik, Minyak Vinieill. Membersihkan alat reproduksi wanita hingga kedalam.
    Sikkahoder.blogspot
    DAWASIR
    Obat herbal yang diramu khusus bagi penderita Wasir (Ambeien), juga bermanfaat untuk melancarkan buang air besar dan mengurangi peradangan pada pembuluh darah anus
    Sikkahoder.blogspot
    TERMOMETER DIGITAL
    Termometer digital dengan suara Beep. Mudah digunakan, gampang dibaca dengan display LCD dan suara beep ketika selesai mendeteksi suhu.
    Sikkahoder.blogspot


    ADVERTISE HERE Ads by Sikkahoder