perbandingan by pass lambung dengan band lambung (gastric banding)

MENGENAL BEDAH GASTRIC ByPASS DAN GASTRIC BAND

PENDAHULUHAN

Obesitas adalah keadaan di mana terdapat kelebihan lemak dalam tubuh. Standar definisi dari obesitas dan overweight dilihat berdasarkan indeks massa tubuh (IMT). IMT diukur dengan satuan berat badan dan tinggi badan ((Berat badan/tinggi badan (kg/m2)).

Kategori pembagian IMT (index massa tubuh), menurut WHO
Obesitas dapat meningkatkan mortalitas (angka kematian) seseorang dengan penyakit kronis yang mengancam jiwa seperti diabetes melitus tipe 2, penyakit jantung dan pembuluh darah, kantung empedu, sensitifitas hormon dan kanker saluran cerna.

Karena bahaya dari obesitas diatas, maka Upaya penurunan berat badan menjadi trend di era ini sebagai salah satu cara untuk mempercantik diri. Banyak cara yang di pakai untuk menurunkan berat badan mulai dari hanya mengatur diet, menggunakan obat termasuk golongan herbal sampai ke upaya-upaya yang lebih memanipulasi tubuh –disebut poles body kalau di automotive- seperti dengan sistim injeksi lemak ataupun penyedotan lemak (liposuction).

Tapi untuk mereka yang tergolong overweigh atau obesitas, upaya-upaya di atas tidaklah efektif. Mereka lebih membutuhkan tindakan yang lebih invasif lagi. Di beberapa negara yang sudah maju teknologi kedokterannya, satu ketrampilan bedah yang menjadi laris saat ini adalah Bariatric Surgery.


Bariatric Surgery yaitu suatu pembedahan untuk menanggulangi –baik itu mencegah maupun mengatasi- kondisi berat badan yang di atas normal . Ada dua jenis Bariatric Surgery yang sering di gunakan untuk penurunan berat badan, yaitu gastric banding dan gastric bypass, walaupun demikian ada juga Bariatric Surgery yang lain selain kedua jenis diatas yaitu Intra-gastric balloon, Bilo-pancreatic diversion, dan Sleeve gastrectomy


Jadi gastric banding dan gastric bypass merupakan dua jenis metode pembedahan untuk mengatasi over weight, dimana gastric banding, yang didasarkan pada pembatasan sedangkan lambung bypass, menggunakan kombinasi pembatasan dan malabsorpsi


Gastric Bypass Surgery

Apa itu Gastric Bypass Surgery?
  • adalah operasi yang membantu Anda menurunkan berat badan dengan mengurangi volume lambung dan menyambungkan hanya sebagain kecil saja (bypass) usus halus ke bagian muara lambung (gaster), sehingga di samping penderita selalu merasa kenyang pada keadaan volume makanan yang relatif sedikit, juga mengurangi penyerapan sari makanan oleh usus halus yang membuat kalori yang diterima tubuh juga diperkecil.
  • Gastric by pass surgery atau operasi by pass lambung digunakan sebagai pilihan terakhir untuk mengobati penderita dengan  obesitas yang berpotensi mengancam nyawa yang tidak bisa diatasi dengan perawatan non-bedah, seperti perubahan gaya hidup.

video Gastric Bypass Surgery Medical Animation
video

Lap Band Surgery (Gastric Banding)

Apa itu Gastric banding?
  • Adalah operasi penurunan berat badan dengan cara prosedur bedah dengan menempatkan band silikon atau sebuah sabuk diletakan di sekitar bagian atas perut untuk mengurangi jumlah makanan yang dimakan.
  • Sabuk atau banding ini mirip sebuah cincin karet (seperti balon) Band ini kemudian digelembungkan melalui port yang ditempatkan tepat di bawah kulit. Hal ini membentuk seperti sabuk pengaman yang di rekatkan ke bagian atas lambung. Ketika  makan, kantong terisi dengan cepat dan makanan kemudian melewati perlahan melalui celah sempit yang diciptakan oleh band, ke bagian bawah perut. 
  • Untuk lebih jelasnya dapat di lihat pada video gastric banding di bawah ini
video Lambung Banding Animasi Medikal Bedah
video

Apa perbedaan Gastric by pass dengan banding gastric?

Keduanya merupakan prosedur yang sangat baik untuk pengobatan berat badan yang berlebihan. keduanya aman dan efektif dan telah terbukti untuk mengurangi berat badan yang berlebih.
Seperti halnya bentuk operasi ada positif dan negatif dari prosedur ini tetapi yang pasti lebih baik jika dibandingkan dengan risiko obesitas penyakit terkait seperti kanker atau stroke. Penurunan berat badan setelah bypass lambung biasanya lebih mengesankan daripada setelah banding lambung.

TABEL PERBEDAAN ANTARA 
GASTRIC BAND DENGAN GASTRIC BYPASS
TABEL PERBANDINGAN SEBELUM BEDAH
TABEL PERBANDINGAN SELAMA PEMBEDAHAN

                                           TABEL PERBEDAAN SETELAH PEMBEDAHAN

DAFTAR PUSTAKA

SLIMING CAPSUL
Suplement pelangsing terbaik. Lulus Standard GMP (Good Manufacturing Practice) dan uji tes SGS. Pesan sekarang Juga!!!
sikkahoder.blogspot
ABE CELL
(Jamu Tetes)Mengatasi diabetes, hypertensi, kanker payudara, mengurangi resiko stroke, meningkatkan fungsi otak, dll.
sikkahoder.blogspot
MASKER JERAWAT
Theraskin Acne Mask (Masker bentuk pasta untuk kulit berjerawat). Untuk membantu mengeringkan jerawat.
sikkahoder.blogspot
ADHA EKONOMIS
Melindungi kulit terhadap efek buruk sinar matahari, menjadikan kulit tampak lenih cerah dan menyamarkan noda hitam di wajah.
sikkahoder.blogspot
BIO GLOKUL
Khusus dari tanaman obat pilihan untuk penderita kencing manis (Diabetes) sehingga dapat membantu menstabilkan gula darah
sikkahoder.blogspot


ADVERTISE HERE Ads by Sikkahoder
Body Whitening
Mengandung vit C+E, AHA, Pelembab, SPF 30, Fragrance, n Solk Protein yang memutihkan kulit secara bertahap dan PERMANEN!!
Sikkahoder.blogspot
PENYEDOT KOMEDO
Dengan alat ini, tidak perlu lg memencet hidung, atau bagian wajah lainnya untuk mengeluarkan komedo.
Sikkahoder.blogspot
Obat Keputihan
Crystal-X adalah produk dari bahan-bahan alami yang mengandung Sulfur, Antiseptik, Minyak Vinieill. Membersihkan alat reproduksi wanita hingga kedalam.
Sikkahoder.blogspot
DAWASIR
Obat herbal yang diramu khusus bagi penderita Wasir (Ambeien), juga bermanfaat untuk melancarkan buang air besar dan mengurangi peradangan pada pembuluh darah anus
Sikkahoder.blogspot
TERMOMETER DIGITAL
Termometer digital dengan suara Beep. Mudah digunakan, gampang dibaca dengan display LCD dan suara beep ketika selesai mendeteksi suhu.
Sikkahoder.blogspot


ADVERTISE HERE Ads by Sikkahoder