Mengenal angioplasty, fungsi dan waktu pemulihan angioplasty

VIDEO 1 Balloon Angioplasty dengan Perbaikan stent (Detail) - LENGKAP



MENGENAL ANGIOPLASTY
Teknik angioplasti sudah dilakukan lebih dari puluhan tahun, dimana pembuluh darah yang menyempit diperlebar. Cara ini jauh lebih cepat dan mudah tapi mungkin lebih kurang bisa diandalkan dalam jangka panjang, dibanding operasi bypas.

Pada dasarnya angioplasty adalah teknik dimana suatu balon yang tipis dan panjang dimasukkan kedalan pembuluh darah yang menyempit, kemudian balon itu ditiup menggelembung dengan tekanan tinggi sehingga melebarkan pembuluh darah. Persoalan dengan angioplasty adalah adanya kemungkinan terjadinya kembali penyempitan setelah beberapa minggu atau bulan, baik karena pembuluh tidak cukup dilebarkan pada waktu pertama kali atau karena terjadi peradangan yang mengakibatkan kembali penumpukan lemak.

Kini banyak digunakan stent (jaringan kawat yang halus sekali) pada tempat penyempitan pembuluh, yang dimasukkan kedalam pembuluh dan digelembungkan bersamaan dengan balon. Setelah balon dikempiskan dan dikeluarkan maka stent tertinggal dan melebarkan penyempitan pembuluh. Ini membantu mencegah terulangnya lagi penyempitan pembuluh darah

FUNGSI ANGIOPLASTY

Angioplasti  umumnya digunakan untuk mengobati kondisi yang melibatkan penyempitan atau penyumbatan arteri atau pembuluh darah di seluruh tubuh, termasuk:
  • penyempitan arteri besar (aorta dan cabang-cabangnya) karena aterosklerosis , atau pengerasan pembuluh darah, proses bertahap di mana kolesterol dan timbunan lemak lain, yang disebut plak, membangun pada dinding arteri.
  • peripheral artery disease (PAD), penyempitan pembuluh darah di kaki atau lengan. Pada pasien dengan PAD, angioplasti sendiri atau angioplasti dengan pemasangan stent dapat digunakan untuk membuka arteri yang tersumbat di kaki, panggul atau lengan.
  • renal vascular hypertension atau tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh penyempitan arteri ginjal. Angioplasti dengan stenting adalah metode yang umum digunakan untuk membuka satu atau kedua arteri yang memasok darah ke ginjal. Mengobati penyempitan arteri ginjal juga dilakukan pada beberapa pasien untuk melindungi atau meningkatkan fungsi ginjal.
  • stenosis arteri karotis , penyempitan arteri pada leher yang memasok darah ke otak.
  • arteri koroner , penyempitan arteri koroner yang membawa darah dan oksigen ke otot jantung.
  • vena narrowings melibatkan pembuluh darah sentral (di perut, dada atau panggul). Dalam beberapa kasus, stenting dari vena menyempit juga diperlukan.
  • penyempitan dalam fistula dialisis atau cangkok. Bila ada penurunan arus di korupsi atau fistula sehingga tidak memadai untuk dialisis, angioplasti umumnya baris pertama pengobatan. Stenting atau stent mencangkok juga mungkin diperlukan dalam beberapa kasus.
animated gif
Gambar angioplasty

PEMULIHAN ANGIOPLASTY
Periode pemulihan angioplasti melibatkan petunjuk perawatan luka spesifik. Biasanya, orang yang baru saja mengalami operasi angioplasti akan tetap di rumah sakit selama satu atau dua hari setelah intervensi, namun pengobatan pemulihan akan dilanjutkan di rumah.

Dalam pemulihan setelah angioplasti, pasien akan menerima informasi debit tertentu yang berisi petunjuk untuk mengemudi, tingkat usaha, pengobatan dan pembatasan lainnya. Pasien harus menghindari stres fisik atau kegiatan olahraga yang berkepanjangan selama maksimal dua minggu setelah balon angioplasti halus.

Setelah operasi angioplasti, periode pemulihan akan mulai di rumah sakit. Pasien akan didorong untuk minum banyak cairan. Dalam pemulihan dari angioplasti, pasien akan diminta untuk menjaga kakinya atau lengan lurus karena perasaan mati rasa akan bertahan sementara waktu. Sebelum dikirim ke rumah, pasien akan disarankan untuk melaporkan setiap perasaan yang abnormal.

Pemulihan setelah angioplasti akan terus di rumah. Perubahan gaya hidup seperti mengikuti diet khusus, menghindari aktivitas berat dan mengurangi merokok adalah ukuran yang mendesak untuk pasien angioplasti. Jika stent dimasukkan dalam tubuh bukan balon, pasien akan menerima kartu identitas dengan informasi yang harus disimpan dengan mereka setiap saat. Karena stent ini terbuat dari logam, bulan-bulan pertama setelah operasi akan membutuhkan MRI scan mingguan. Memar akan muncul di area kateter disisipkan, yang akan merasa sakit selama beberapa hari. Daerah ini harus dilindungi dan jika ada tanda-tanda infeksi muncul, dokter harus dikonsultasikan segera.

Pemulihan dari angioplasti biasanya harus berlangsung seminggu. Setelah itu, pasien harus dapat kembali ke rutinitas hidup sehari-hari. Jika angioplasti dilakukan karena serangan jantung, periode pengawasan akan lebih panjang. Pasien juga akan mendapat keuntungan dari program pemulihan angioplasti. Panjang periode pemulihan angioplasti tergantung pada waktu yang ditentukan oleh spesialis, tetapi juga tergantung pada kemauan pasien untuk menghormati semua petunjuk yang diberikan oleh mereka.


VIDEO 2 Arteri Koroner stent Prosedur


BACA JUGA ANGIOPLASTY ARTERY CORONARIA DI SINI

SLIMING CAPSUL
Suplement pelangsing terbaik. Lulus Standard GMP (Good Manufacturing Practice) dan uji tes SGS. Pesan sekarang Juga!!!
sikkahoder.blogspot
ABE CELL
(Jamu Tetes)Mengatasi diabetes, hypertensi, kanker payudara, mengurangi resiko stroke, meningkatkan fungsi otak, dll.
sikkahoder.blogspot
MASKER JERAWAT
Theraskin Acne Mask (Masker bentuk pasta untuk kulit berjerawat). Untuk membantu mengeringkan jerawat.
sikkahoder.blogspot
ADHA EKONOMIS
Melindungi kulit terhadap efek buruk sinar matahari, menjadikan kulit tampak lenih cerah dan menyamarkan noda hitam di wajah.
sikkahoder.blogspot
BIO GLOKUL
Khusus dari tanaman obat pilihan untuk penderita kencing manis (Diabetes) sehingga dapat membantu menstabilkan gula darah
sikkahoder.blogspot


ADVERTISE HERE Ads by Sikkahoder
Body Whitening
Mengandung vit C+E, AHA, Pelembab, SPF 30, Fragrance, n Solk Protein yang memutihkan kulit secara bertahap dan PERMANEN!!
Sikkahoder.blogspot
PENYEDOT KOMEDO
Dengan alat ini, tidak perlu lg memencet hidung, atau bagian wajah lainnya untuk mengeluarkan komedo.
Sikkahoder.blogspot
Obat Keputihan
Crystal-X adalah produk dari bahan-bahan alami yang mengandung Sulfur, Antiseptik, Minyak Vinieill. Membersihkan alat reproduksi wanita hingga kedalam.
Sikkahoder.blogspot
DAWASIR
Obat herbal yang diramu khusus bagi penderita Wasir (Ambeien), juga bermanfaat untuk melancarkan buang air besar dan mengurangi peradangan pada pembuluh darah anus
Sikkahoder.blogspot
TERMOMETER DIGITAL
Termometer digital dengan suara Beep. Mudah digunakan, gampang dibaca dengan display LCD dan suara beep ketika selesai mendeteksi suhu.
Sikkahoder.blogspot


ADVERTISE HERE Ads by Sikkahoder