video memperbaiki katup aorta dan penjelasannya


Aortic Valve Replacement - Animasi Medis


PERGANTIAN KATUP AORTA
Apa yang di maksud dengan pergantian katup aorta?

Penggantian katup aorta adalah jenis operasi jantung terbuka. Hal ini digunakan untuk mengobati masalah dengan katup aorta di dalam jantung, prosedur ini dilakukan oleh ahli bedah cardithoracic untuk pengobatan penyempitan (stenosis) atau kebocoran (regurgitasi) dari katup aorta.

Mengapa perlu dilakukan pergantian katup aorta?
Ada dua alasan mendasar mengapa perlu di lakukan pergantian katup aorta, yaitu :
  • Adanya penyempitan katup (stenosis aorta) - katup aorta menjadi menyempit dan menghalangi darah mengalir yang melewatinya
  • Adanya kebocoran dari katup Aorta (regurgitasi aorta) - kebocoran katup aorta menyebabkan aliran darah mengalir kembali  ke ventrikel kiri
Jika kerja dari katup aorta tidak lagi bekerja dengan baik, maka operasi pergantian katup aorta merupakan prosedur yang di gunakan untuk mengatasi masalah tersebut.


Apa yang menyebabkan penyakit katup aorta?
Gangguan pada katup aorta dapat di sebabkan oleh dua hal, yaitu :
  • kelainan pada saat lahir (biasanya katup aorta bikuspid kongenital) atau Bicuspid aortic valve  dan 
  • akibat kelainan yang di dapat (proses degeneratif  yang biasanya pada orang tua) atau Senile aortic calcification
Apa saja penyakit yang dapat berpengaruh terhadap timbulnya kerusakan katup aorta
Beberapa kondisi kesehatan dapat menyebabkan kerusakan katup aorta, adalah ;
  • Sindrom Marfan - kondisi genetik yang menyebabkan kerusakan pada jaringan ikat (jaringan ikat memberikan dukungan dan struktur untuk jaringan dan organ lainnya)
  • demam rematik - kondisi ini dapat timbul sebagai komplikasi dari infeksi tenggorokan dan menyebabkan peradangan luas di seluruh tubuh (tidak umum di Inggris, itu masih umum di bagian lain dunia) (Udah saya bahas DISINI)
  • lupus - suatu kondisi dimana sistem kekebalan tubuh yang salah dan mulai menyerang jaringan sehat (udah saya bahas DISINI)
  • giant cell arteritis - kondisi yang menyebabkan peradangan pada lapisan arteri tubuh sedang dan besar
  • endokarditis - kondisi yang jarang namun serius dimana lapisan dalam jantung menjadi meradang (Udah saya bahas DISINI)

Apa saja Gejala yang di timbulkan akibat dari kelainan pada katub aorta?
Gejala penyakit katup aorta, timbul karena jantung tidak dapat memompa darah secara efisien keseluruh tubuh.

Gejalanya dapat meliputi:
  • Nyeri dada disebabkan oleh aktivitas fisik ( angina ) - ini disebabkan oleh karena kerja dari jantung yang bekerja lebih keras karena aliran darah melalui katup aorta bermasalah.
  • sesak napas - pada awalnya terjadi pada saat melakujkan aktivitas fisik yang berat, namun kemudian kelelahan dapat di rasakan juga pada waktu beristirahat.
  • pusing atau sakit kepala ringan - ini disebabkan oleh terhalangnya aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh Anda
  • kehilangan kesadaran ( pingsan ) - ini adalah juga akibat dari berkurangnya aliran darah yang disebabkan oleh obstruksi dari katub

Mengapa perlu di lakukan pembedahan ?
  • Katup aorta adalah katup keluar dari sisi kiri jantung, artinya terbuka selama sistol (ketika kontrak ventrikel atau menekan darah keluar ke aorta dan seluruh tubuh). Ketika katup aorta terlalu sempit maka, ventrikel harus bekerja lebih keras untuk memompa darah keluar ke tubuh. Ini bekerja ekstra mengkonsumsi energi yang signifikan dan pada akhirnya membutuhkan aliran darah ekstra ke jantung itu sendiri. 
  • Jika tidak ada aliran darah yang cukup, jantung menjadi iskemik menyebabkan nyeri dada angina pektoris. 
  • Stenosis aorta seringkali progresif, semakin buruk dengan waktu. Sebagai akibat dari stenosis ini  maka jantung harus terus bekerja keras dan sulit untuk tetap memompa darah keluar dari jantung. Pada titik tertentu jantung tidak dapat lagi mengimbangi, sehingga episode tekanan darah rendah atau hipotensi atau bahkan sinkop . Sebagai jantung gagal untuk mengkompensasi, cairan akan tertimbun di paru-paru dan menggangu pernapasan.
  • Bila kebocoran katup aorta, maka prosesnya sama seperti stenosis yaitu jantung harus bekerja lebih keras . Ventrikel harus memompa lebih banyak darah pada setiap kontraksi untuk menghasilkan output yang sama, sehingga menciptakan kondisi yang disebut volume overload. Jantung dapat mengkompensasi hal ini (volume overload) selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun dan berkembang perlahan-lahan. Akhirnya, jantung mulai terjadi  gagal jantung, sesak napas dan kelelahan.

Bagaimana penggantian katup aorta dilakukan?

  • Dokter bedah akan memulai operasi dengan membuat potongan besar di tengah-tengah tulang dada (sternum). sayatan di lakukan sekitar 25cm (10 inci) panjang. Hal ini dikenal sebagai sternotomy yang memungkinkan akses ahli bedah untuk jantung Anda.
  • operasi pembedahan di bagian thorack untuk mengakses jantung pada saat ini kerja jantung akan berhenti, untuk mengantikan kerja jantung dapat di gunakan mesin bypass jantung-paru yang digunakan untuk mengambil alih sirkulasi selama operasi.
  • Dokter bedah Anda akan membuka aorta Anda sehingga mereka dapat melihat katup aorta. Katup yang rusak akan diganti, dan dilekatkan dengan benang halus (jahitan).
  • dengan menggunakan kejutan listrik, selanjutnya dokter akan berusaha membangkitkan lagi impuls listrik jantung agar dapat berkontraksi lagi sebelum mematikan mesin jantung paru yang sebelumnya di gunakan untuk menggantikan kerja jantung selama operasi di lakukan.
  • Proses selanjutnya akan di lakukan penutupan operasi dengan jahitan.
Pilihan katup yang di gunakan untuk mengganti katup aorta ini Ada dua jenis utama penggantian katup:
  • Katup mekanik terbuat dari bahan buatan manusia seperti karbon pirolitik (bahan yang mirip dengan grafit).
  • Katup biologis terbuat dari jaringan hewan.
Setiap jenis katup memiliki keuntungan dan kerugian. Secara umum, jika Anda berusia di bawah 60 tahun, ahli bedah mungkin akan merekomendasikan penggantian katup mekanis. Jika Anda lebih dari 65, pengganti katup biologis mungkin akan direkomendasikan.

Apa saja Resiko yang dapat timbul akibat pergantian katup aorta?
Beberapa resiko yang dapat timbul akibat dari pergantian katup aorta ini adalah timbulnya beberapa komplikasi yang dapat terjadi
  • Infeksi - katup baru dapat menjadi terinfeksi dan meradang ( endokarditis ), yang dapat merusak jantung, oleh karena itu diberikan diberikan antibiotik untuk mengurangi risiko.
  • Pembekuan - ini lebih mungkin jika Anda telah memiliki penggantian katup mekanis. Anda akan diresepkan obat antikoagulan jika ini adalah risiko yang signifikan
  • Stroke - pasokan darah ke otak tersumbat.
  • Katup mungkin usang atau menjadi rusak - ini lebih mungkin jika Anda berusia di bawah 60 tahun dan telah memiliki penggantian katup biologis.
  • Denyut jantung tidak teratur (aritmia) - ini mempengaruhi 25% orang, dan 1-2% orang perlu memiliki alat pacu jantung dilengkapi (perangkat yang dioperasikan dengan baterai kecil yang dimasukkan di bawah kulit di dada Anda untuk membantu jantung Anda berdetak secara teratur ).

SLIMING CAPSUL
Suplement pelangsing terbaik. Lulus Standard GMP (Good Manufacturing Practice) dan uji tes SGS. Pesan sekarang Juga!!!
sikkahoder.blogspot
ABE CELL
(Jamu Tetes)Mengatasi diabetes, hypertensi, kanker payudara, mengurangi resiko stroke, meningkatkan fungsi otak, dll.
sikkahoder.blogspot
MASKER JERAWAT
Theraskin Acne Mask (Masker bentuk pasta untuk kulit berjerawat). Untuk membantu mengeringkan jerawat.
sikkahoder.blogspot
ADHA EKONOMIS
Melindungi kulit terhadap efek buruk sinar matahari, menjadikan kulit tampak lenih cerah dan menyamarkan noda hitam di wajah.
sikkahoder.blogspot
BIO GLOKUL
Khusus dari tanaman obat pilihan untuk penderita kencing manis (Diabetes) sehingga dapat membantu menstabilkan gula darah
sikkahoder.blogspot


ADVERTISE HERE Ads by Sikkahoder
Body Whitening
Mengandung vit C+E, AHA, Pelembab, SPF 30, Fragrance, n Solk Protein yang memutihkan kulit secara bertahap dan PERMANEN!!
Sikkahoder.blogspot
PENYEDOT KOMEDO
Dengan alat ini, tidak perlu lg memencet hidung, atau bagian wajah lainnya untuk mengeluarkan komedo.
Sikkahoder.blogspot
Obat Keputihan
Crystal-X adalah produk dari bahan-bahan alami yang mengandung Sulfur, Antiseptik, Minyak Vinieill. Membersihkan alat reproduksi wanita hingga kedalam.
Sikkahoder.blogspot
DAWASIR
Obat herbal yang diramu khusus bagi penderita Wasir (Ambeien), juga bermanfaat untuk melancarkan buang air besar dan mengurangi peradangan pada pembuluh darah anus
Sikkahoder.blogspot
TERMOMETER DIGITAL
Termometer digital dengan suara Beep. Mudah digunakan, gampang dibaca dengan display LCD dan suara beep ketika selesai mendeteksi suhu.
Sikkahoder.blogspot


ADVERTISE HERE Ads by Sikkahoder